Virus Zika Menyebar di Thailand, 21 Kasus Baru Ditemukan

 Virus Zika Menyebar di Thailand, 21 Kasus Baru Ditemukan


BATAMNEWS.CO.ID, Bangkok - Otoritas kesehatan Thailand menyatakan setidaknya 21 kasus baru penularan lokal virus Zika telah dikonfirmasi di pusat Bangkok. Jumlah itu termasuk seorang wanita hamil yang kemudian melahirkan tanpa komplikasi.

"Dari 21 kasus yang dikonfirmasi di daerah Sathorn, ada satu wanita hamil yang pulih dan berhasil melahirkan. Ibu dan bayinya yang baru lahir dinyatakan aman," kata juru bicara Kementerian Umum Thailand, Suwannachai Wattanayingcharoenchai. Ia menambahkan bahwa suami wanita hamil tersebut baru saja kembali dari Singapura seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/9/2016).

Suwannachai mengatakan bahwa 30 wanita hamil yang terinfeksi Zika sedang dipantau di Thailand. Sejauh ini, enam dari wanita melahirkan tanpa komplikasi atau cacat lahir.

Menurut Kementerian Kesehatan Thailand, 16 dari 76 provinsi di Thailand telah mengkonfirmasi kasus Zika sejak Januari tahun ini. Tapi tidak ada laporan mengenai cacat lahir atau kematian. "Belum ada kematian atau komplikasi sejauh ini, jadi saya mendorong saudara-saudara kita untuk tidak khawatir," kata Suwannachai.

Kasus-kasus baru yang terjadi di Thailand ini mengikuti konfirmasi dari Malaysia yang menyatakan kasus pertama virus Zika pada wanita hamil yang tinggal di sebuah kota sebelah selatan berdekatan dengan Singapura. Singapura dilaporkan mendapatkan pasien pertama yang terinfeksi lokal virus Zika pada 27 Agustus dan sejak itu, jumlah infeksi dilaporkan telah membengkak menjadi lebih dari 300.

Infeksi virus Zika pada wanita hamil telah terbukti menyebabkan microcephaly, cacat lahir parah di mana kepala dan otak berukuran kecil, selain kelainan otak lainnya. Meskipun microcephaly biasanya terdeteksi saat melakukan pemeriksaan ultrasound pada akhir trimester ketiga kedua dan awal kehamilan, dapat dideteksi sedini mungkin pada kehamilan 18-20 minggu kehamilan, menurut Pusat AS untuk Kontrol dan Pencegahan Penyakit.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews