Korban Virus Zika di Singapura Melonjak Jadi 115 Orang

Korban Virus Zika di Singapura Melonjak Jadi 115 Orang

Petugas mengecek sampel virus Zika. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura - Departemen Kesehatan dan Lingkungan Hidup Nasional Singapura melaporkan bahwa jumlah warganya yang terkena wabah Zika melonjak menjadi 115 orang dari sebelumnya 41 orang.

Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong mengatakan, dari 115 orang ditemukan seorang wanita hamil yang didiagnosa terkena virus tersebut.

"Seiring waktu, kami harus bekerja keras untuk menghentikan penularan Zika di wilayah lain di Singapura. Selain itu, kami juga memperluas upaya pengendalian Zika di luar daerah yang terkena wabah," kata Kim Yong, dilansir viva, Kamis (1/9/2016).

Otoritas Singapura juga mengidentifikasi sembilan kasus tambahan sebagai hasil dari pengujian Depkes untuk kasus-kasus sebelumnya.

Sementara, Kementerian Kesehatan RI menerbitkan travel advisory atau saran untuk tak bepergian ke Singapura.

Itu karena virus Zika makin mewabah di Singapura. "Kita yang mau bepergian (ke Singapura) mungkin boleh memikirkan, kalau kepentingannya sangat penting ya apa boleh buat. Tapi kalau bisa ya ditunda," tutur Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Kemenkes, kata Nila, juga fokus untuk mencegah masuknya virus yang disebabkan gigitan nyamuk itu ke Indonesia.

Nila menuturkan, Kemenkes sudah menginstruksikan seluruh kantor kesehatan di pelabuhan dan Dinas Kesehatan di pintu-pintu masuk ke Indonesia agar memeriksa kesehatan mereka yang baru tiba dari Singapura.  

(ind/viva)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews