Kapolda: AKBP Asep Iskandar Dicopot Sebagai Kapolres Meranti

Kapolda: AKBP Asep Iskandar Dicopot Sebagai Kapolres Meranti

Bupati Meranti Irwan dan Kapolres AKBP Asep Iskandar. (foto: ist/merantionline)

BATAMNEWS.CO.ID, Selatpanjang - Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Asep Iskandar dicopot dari jabatannya pascabentrokan berdarah berujung penyerbuan Mapolres oleh masyarakat.

"Iya dia (AKBP Asep Iskandar) sudah kita copot dari jabatannya," kata Kapolda Riau Brigjen Suprianto kepada, Sabtu (27/8/2016).

Kapolda menilai, AKBP Iskandar belum maksimal dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin di Mapolres Meranti.

Untuk meneruskan tugas pucuk pimpinan di Mapolres Meranti, Polda Riau sudah mempersiapkan penggantinya.

"Pengantinya adalah AKBP Barliansyah yang selama ini menjabat sebagai Kasat PJR Direktorat Lantas Polda Riau," ucap Kapolda.

Tak hanya dicopot dari jabatannya, Asep beserta 15 anggotanya turut diperiksa petugas bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) terkait dengan dugaan kesalahan prosedur dalam menangkap tersangka pembunuh polisi Apri Adi Pratama.

Menurut Suprianto, pencopotan tersebut merupakan tindakan tegas dari kesatuannya untuk anggota yang dianggap lalai menjalankan tugas. Dia berharap kondisi Meranti nantinya lebih aman dan kondusif.

Sebelumnya, ribuan warga Selatpanjang, Kepulauan Meranti, menggeruduk Mapolres Meranti pada Kamis, 25 Agustus 2016.

Mereka marah kepada aparat setelah Apri, tersangka kasus pembunuhan anggota Polres Meranti, Brigadir Adil S. Tambunan, dikabarkan tewas setelah ditangkap.

Warga menuding terjadi kesalahan prosedur dalam menangkap Apri. Hal itulah yang membuat mereka emosi dan melempari kantor Polres Meranti dengan batu sehingga mengakibatkan sejumlah kaca kantor pecah.

Polisi melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk menenangkan warga. Satu warga dilaporkan tewas dalam kerusuhan itu.

Pascakerusuhan, Kamis lalu, aktivitas masyarakat Meranti saat ini sudah berjalan normal. Namun penjagaan dan pengamanan di Markas Polres Meranti terus ditingkatkan.

Sebanyak enam satuan setingkat kompi (SSK) Brimob diterjunkan ke Meranti guna mencegah terjadi aksi susulan.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews