Kunjungi Natuna, Ini yang Dilakukan Menteri Susi Pudjiastuti

Kunjungi Natuna, Ini yang Dilakukan Menteri Susi Pudjiastuti

Menteri Susi Pudjiastuti menyalami warga Ranai Natuna saat kunjungannya (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti memimpin apel Satgas 115 di Natuna untuk penanggulangan illegal fishing di Mako Lanal Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (17/8/2016). 

 Satgas yang terdiri dari elemen seperti PSDKP, Kejaksaan, Polair, TNI AL, Bakamla ini diharapkan berkerja dengan maksimal dalam mengantisipasi, mengatasi dan menanggulangi Ilegal Fishing yang kerap terjadi. Komandan Apel dimpimpin langsung Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Badrudin.

"Laut Natuna kaya akan sumber daya perikanan, begitupun terkait barang muatan kapal tenggelam (BMKT). Selama ini menjadi tempat penjarahan oleh korporasi tertentu hingga negara tetangga yang merugikan negara," ujar Susi.

Satgas 115 ini ditegaskannya untuk bisa bergerak bersama-sama menghadapi hal-hal tersebut. Sebelum apel Satgas 115 ini, Susi terlebih dahulu menghadiri upacara peringatan HUT ke-71 RI di Pantai Kencana, Ranai.

Agenda Susi selain menghadiri Apel Siaga Satgas 115 juga peninjauan pusat pengendalian operasi Ranai, memberi komado untuk penenggelaman kapal ilegal fishing dan peninjauan lokasi detention centre.

Sementara pada Kamis (18/8/2016), di Pelabuhan Terpadu Selat Lampa, Susi dijadwalkan melakukan kegiatan bersama menteri kelautan Malaysia, Vietnam dan Filipina

Di tempat tersebut ada kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama antara KKP dengan Pemkab Natuna dan Bank BNI, dilanjutkan dengan deklarasi bersama dengan pemerintah Malaysia, Vietnam dan Filipina dan rangka koloborasi implementasi bisnis perikanan yang berkelanjutan di Natuna.

Kegiatan lainnya yakni penyerahan bantuan alat-alat perikanan dan kelautan seperti alat tangkap budidaya rumput laut, bangsal pengeringan rumput laut, Ice Flake Machine, Sarana Komunikasi untuk Pokmaswas, alat pengolahan dan sistem rantai dingin.

Di Selat Lama juga dilakukan ground breaking pembangunan sentra perikanan tangkap dan pengolahan terpadu Selat Lampa

Menteri Susi juga akan meninjau lokasi pembangunan sentra perikanan tangkap dan pengolahan terpadu di pelabuhan itu, hingga peninjauan bongkar muat ikan kapal nelayan dengan kapal angkut Perum Perindo.

 

[fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews