Raja Arab Saudi King Abdullah bin Abdulaziz Meninggal setelah Sakit Pneumonia

Raja Arab Saudi King Abdullah bin Abdulaziz Meninggal setelah Sakit Pneumonia

Raja Abdullah bin Abdulaziz

Riyadh - Raja Arab Saudi, King Abdullah bin Abdulaziz meninggal akibat penyakit yang diderita. Ia sempat dirawat beberapa pekan di rumah sakit. King Abdullah meninggal tadi pagi karena sakit pneumonia.

Kabar duka ini diumumkan melalui siara televisi pemerintah. Raja Abdullah yang lahir pada 1923 dikenang sebagai sosok reformis. Menurut koresponden Al Jazeera Hashem Ahelbarra, di ranah domestik, Raja Abdullah telah berhasil mendorong perubahan besar dalam pola kerajaan yang bersifat konservatif. Termasuk memperjuangkan pemenuhan hak-hak perempuan.

Dalam kesempatan ini, pihak kerajaan juga langsung mengumumkan putra mahkota Salman bin Abdulaziz Al Saud (79) sebagai raja baru Arab Saudi. Sementara posisi putra mahkota ditempati oleh Pangeran Muqrin bin Abdulaziz.

Raja Abdullah naik tahta sejak tahun 2006, namun secara de facto telah memerintah Arab Saudi sejak satu dekade lalu karena pendahulunya Raja Fahd terserang stroke. Raja Abdullah memainkan peran penting dalam menyokong Mesir paska intervensi militer pada 2012 serta memberikan dukungan penuh kepada para pemberontak Suriah melawan Presiden Bashar al-Assad. Dalam kaitan ini, Arab Saudi di bawah kepemimpinan Raja Abdullah menjadi mitra utama Amerika di Timur Tengah.

 

[snw]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews