KPK Berburu Calon Politikus di Kepulauan Riau (2)

Ini Jadwal dan Cara Mendaftar Kelas Khusus Politik Berintegritas KPK di Kepulauan Riau

Ini Jadwal dan Cara Mendaftar Kelas Khusus Politik Berintegritas KPK di Kepulauan Riau

Suasana usai diskusi Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK bersama sejumlah jurnalis di Sekretariat AJI Batam di Sei Panas (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Komisi Pemberantasan Korupsi membuka kelas khusus Politik Cerdas Berintegritas di Kepulauan Riau pada 26-30 September 2016 mendatang. Pendaftaran kegiatan tersebut sudah dibuka pada 23 Juni hingga 25 Agustus 2016.

"Pendaftaran untuk kegiatan ini dimulai sejak tanggal 23 Juni 2016 sampai 25 Agustus 2016 untuk peserta dari 5 daerah, yaitu Banten, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Aceh," ujar Guntur saat berdiskusi dengan sejumlah jurnalis Kepulauan Riau di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen Kota Batam (Kepri) di Sei Panas, Batam, Senin (15/8/2016).

Menurut Guntur, kategori peserta nanti adalah dari pimpinan-pimpinan OSIS di sekolah dan pimpinan BEM di universitas atau perguruan tinggi. Mereka akan dibagi dalam dua kelompok.

Sementara itu pendaftaran di 4 daerah lainnya, kata dia, seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan dan Papua Barat, dibuka sampai tanggal 20 September 2016.

Adapun persyaratan untuk mengikuti Kelas Politik Cerdas Berintegritas ini adalah mengirimkan Curriculum Vitae, membuat Essay dengan tema “Jika Aku Menjadi Politisi” untuk peserta dari kelompok ketua OSIS dan tema “Membangun Politik Cerdas Berintegritas” untuk peserta dari kelompok ketua BEM. Untuk keterangan lebih lengkap dapat diakses di www.satunama.org/3266/

 

Baca juga:

Buka Kelas Khusus di Batam, KPK Cari Calon Aktor Politikus Berintegritas

  
Kegiatan Kelas Politik Cerdas Berintegritas dimulai di Provinsi Banten pada 5-9 September 2016, Provinsi Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara pada 19-23 September 2016, Provinsi Kepulauan Riau dan Aceh pada 26-30 September 2016, Provinsi Jawa Timur dan DKI Jakarta pada 3-7 Oktober 2016, dan terakhir Provinsi Kalimantan Selatan dan Papua Barat pada 10 – 14 Oktober 2016.

Adapun persyaratan untuk mengikuti Kelas Politik Cerdas Berintegritas ini adalah mengirimkan Curriculum Vitae, membuat Essay dengan tema "Jika Aku Menjadi Politisi" untuk peserta dari kelompok ketua OSIS dan tema "Membangun Politik Cerdas Berintegritas" untuk peserta dari kelompok ketua BEM.

Guntur menambahkan, harapan dari pelaksanaan Program Kelas Politik Cerdas Berintegritas ini adalah tumbuhnya generasi politik baru Indonesia di masa depan yang memiliki perspektif, sikap dan perilaku politik yang demokratis, berintegritas dan anti korupsi.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk membuat gerakan dan jejaring politik yang bersih, demokratis dan anti-korupsi untuk mewujudkan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara agar menjadi lebih baik.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen Kota Batam Zuhri Muhammad mengatakan, diskusi bersama KPK tersebut sudah kedua kalinya dalam topik yang sama.

"Pada akhirnya KPK membuka kelas khusus di Batam, untuk menjaring bibit-bibit politikus berintegritas kedepannya," ujar Zuhri.

Menurut Zuhri, gerakan moral semacam ini sangat penting untuk menentukan arah politik yang benar-benar diharapkan masyarakat Indonesia kelak.

"Setidaknya upaya-upaya tersebut sudah dilakukan sejak dari hulu hingga ke hilirnya nantinya, jadi mulai dari sistem yang benar, sehingga melahirkan politikus yang benar juga," ujar dia.

 

[is]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews