Tiga Ormas, TNI, dan Polri, Kompak Gelar Lomba Hias Gapura HUT RI

Tiga Ormas, TNI, dan Polri, Kompak Gelar Lomba Hias Gapura HUT RI

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Gabungan 3 ormas Batam, TNI serta Polri menggelar lomba hias gapura dalam rangka memperingathati HUT ke-71 Republik Indonesia pada hari ini, Kamis, 11 Agustus 2016. 

Tiga Ormas Batam, tersebut Pewarta Publik Wajah Bangsa (P4WB), Barisan Muda Tianghoa Indonesia (BMTI),Bonek Batam merangkul TNI dan Polri.

"Lomba menghias gapura ini bertujuan untuk mengingat kembali nilai-nilai perjuang pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia serta juga melestarikan tradisi bangsa Indonesia dengan bergotong royong dan bersillahturahmi," ujar Ketua panitia Petra P Tarigan seusai rapat persiapan lomba menghias Gapura kepada batamnews.co.id di Makodim 0316 Batam Seraya Pelita pada Rabu (11/8/2016) sore.

Menurut Petra, lomba ini bertujuan membangkitkan kembali jiwa kebersamaan. Selain itu sebagai bentuk partisipasi masyarakat perbatasan.

“Sebagai daerah perbatasan kita harus menunjukkan ke negara tetangga bahwa kita ini cinta Indonesia yang mana terkait dengan tapal batas Indonesia dan akan tumbuh kembangkan untuk generasi dan anak-anak kita agar betul betul merasa memiliki dan mencintai NKRI," ujar Petra.

Petra menambahkan, lomba ini dari mulai tingkat RW dan Kelurahan.  

"Dalam lomba ini juga akan melibatkan sekolah yang ada di Batam dan juga kelurahan dan untuk kategori yang akan dinilai bukan dilihat dari mewahnya gapura, tapi lebih ke kreaktifnya mempergunakan bahan sederhana dan terutama bambu yang menjadi senjata yang dipergunakan untuk meraih kemerdekan Indonesia," ujar akademisi tersebut.

Terkait teknis dan aturan seperti apa Petra mengatakan membatasi anggaran yang dikeluarkan peserta pada lomba ini maksimal Rp 5.000.000, jadi tidak ada perbedaan antara komplek sederhana dan komplek perumahan mewah. 

"Kita lebih menilai seberapa kreaktifnya peserta memamfaatkan barang-barang bekas terutama menggunaan bambu. Untuk pendaftaran kita sudah mulai beberapa hari yang lalu dan akan kita tutup pada tanggal 15 agustus ini, untuk penilaian akan kita mulai pada tanggal 17 s/d 19 agustus," ujar Petra.

 

[jim]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews