Valentino Rossi Buka Rahasia Rajai Balapan Trek Basah

Valentino Rossi Buka Rahasia Rajai Balapan Trek Basah

Valentino Rossi. (foto: ist/afp)

BATAMNEWS.CO.ID, Tavullia - Valentino Rossi terkenal sebagai raja trek basah di kelas utama MotoGP. Saking tenarnya, jagoan Movitar Yamaha itu ingin berbagi ilmu kepada pembalap bagaimana menaklukan kondisi lintasan basah selama balapan.

Jack Miller adalah salah satu pembalap yang mendapat sorotan dari Rossi. Terutama ketika pembalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS menorehkan sejarah dengan memenangkan gelar perdananya saat melakoni balapan di GP Belanda, Juni lalu.

Dalam kondisi lintasan basah akibat diguyur hujan lebat, Miller justru tampil memukau dengan merebut podium pertama pada balapan tersebut. Sontak, kesuksesan itu memunculkan berbagai pendapat yang menyebut jika mantan joki di kelas Moto2 itu bisa menjadi penerus Rossi di kelas utama MotoGP.

Ketika disinggung mengenai hal itu, Rossi menjawab Miller masih membutuhkan banyak pengalaman terutama ketika menjalani balapan dalam kondisi lintasan basah. "Sulit untuk menilai mengapa beberapa pembalap begitu cepat dan agresif saat kondisi hujan. Karena dibutuhkan keterampilan tertentu dan itu sudah diasa sejak masih muda," tutur Rossi seperti dikutip Speedweek, Selasa (2/8/2016).

Ditambahkan: "Hal ini tergantung pada pengalaman yang telah Anda lakukan selama menjalani balapan basah. Karena pembalap harus memperhatikan penggunaan ban dan set up motor dengan baik. Ketika hujan mulai turun maka pembalap akan merasakan tantangan lain."

Mengenai kemenangan fenomenal Miller di Assen, Rossi berkata jika ia tampil dengan sangat baik. Bahkan selama balapan ia terlihat sangat lembut dalam mengendarai motor. Itulah salah satu kecerdikan pembalap memahami setiap situasi sulit di arena pacuan kuda besi MotoGP.

"Miller adalah salah satu pembalap yang cerdik dan paham bagaimana menaklukan lintasan dengan baik. Saya juga sempat dibuat aneh, karena dalam kondisi kering ia sangat berbeda di mana ia begitu agresif. Tetapi saat melakoni lintasan basah ia benar-benar menyajikan balapan yang sangat baik. Jika ia bisa belajar dari kemenangan ini, maka pengalaman itu akan sangat berharga buat masa depannya di kelas utama MotoGP," tutup Rossi.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews