Siklon Badai Tropis Nida, Stasiun Meteorologi Imbau Nelayan Natuna Waspada

Siklon Badai Tropis Nida, Stasiun Meteorologi Imbau Nelayan Natuna Waspada

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Stasiun Meteorologi (Stamet) Ranai memprakiraan cuaca di wilayah Natuna dan sekitarnya akan dipengaruhi siklon tropis Nida dari China.

Prakirawan Stamet, Asrul Saparudin menjelaskan jika posisi siklon tropis Nida pada hari ini, Senin (1/8/2016) pukul 19.00 WIB akan berada di Laut China Selatan, sebelah barat Filipina Utara sekitar 21.2 LU, 116,0 BT, atau sekitar 2.082 Kilometer di sebelah timur laut Ranai, ibukota Kabupaten Natuna

"Arah dan kecepatan geraknya ke Barat dan Barat Laut, dengan kecepatan 14 knots (25 km/jam), tekanan terendah 965 mb dengan kekuatan 125 km/jam (70 knot)," terang Asrul

Dijelaskannya juga jika siklon tropis Nida memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia pada umumnya.

"Hujan dengan intensitas ringan – sedang berpeluang terjadi di wilayah Kalimantan bagian Utara, Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau," terang Asrul.

Sementara itu, gelombang laut dengan ketinggian 1.25 - 2.5 m berpotensi terjadi di wilayah Laut Maluku bagian Utara, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaut, Perairan Selatan Pulau Buru – Pulau Seram.

"Khusus untuk Natuna, kami mengimbau nelayan waspada di perairan laut natuna bagian utara. Ketinggian gelombang dapat mencapai lebih dari 2 meter, dengan kecepatan angin berkisar 15-35km/jam dari arah barat daya-barat," sebut Asrul.

Ia mengimbau nelayan untuk mengantisipasi awan CB (awan gelap dan tebal ) karena dapat menimbulkan hujan lebat, guntur disertai petir dan angin kencang yang menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba.

[Fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews