Sirkuit Red Bull Ring "Makanan" Ducati-Honda, Rossi-Lorenzo Minder

Sirkuit Red Bull Ring "Makanan" Ducati-Honda, Rossi-Lorenzo Minder

Pebalap Ducati di Sirkuit Red Bull Ring Austria. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Austria - Juara bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo, menilai Sirkuit Red Bull Ring Austria memberikan keuntungan untuk tim rival, Repsol Honda dan Ducati. Dirinya menyebutkan tiga hal yang jadi keunggulan tim lawan ketimbang Yamaha pasca-tes di sirkuit tersebut.

Dalam dua seri terakhir Yamaha memang kesulitan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lorenzo hanya mampu finis di posisi 10 pada balapan di Assen, Belanda. Lalu dirinya harus puas finis di posisi 15 pada balapan di Jerman.

Sama halnya dengan Lorenzo, rekan satu timnya yakni Valentino Rossi juga mengalami kesulitan serupa di dua seri balapan terakhir. Pada seri Belanda, Rossi gagal finis akibat terjatuh, lalu di seri Jerman Rossi hanya finis di posisi kedelapan.

“Tampaknya trek ini memberikan keuntungan besar untuk mereka, terutama dalam hal stabilitas pengereman, akselerasi, dan top speed,” ujar Lorenzo seperti dikutip dari Autosport, Sabtu (23/7/2016).

“Mereka bisa mengerahkan seluruh kemampuan di trek ini dan perbedaannya dengan kami begitu jauh,” tambahnya.    

Red Bull Ring memang memiliki kesamaan seperti Phillip Island yang terdiri dari hanya sepuluh tikungan (7 kanan dan 3 kiri), sedangkan Phillip Island (5 kanan dan 7 kiri).

Namun, Phillip Island memiliki trek lurus sepanjang 900 meter, dibandingkan Red Bull Ring yang cuma 626m.

Sementara Valentino Rossi menilai, tikungan di sirkuit tersebut membuatnya dapat menikmati sesi pengujian sirkuit tersebut. Meski ia menhaku peluang menang akan berat.

“Sirkuit ini sangat cepat dan kami membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan kecepatan penuh. Terdapat sembilan tikungan dan saya sangat menyukai sirkuit ini,” jelas Rossi mengutip dari Crash, Kamis (21/7/2016).

Diharapkan, sesi pengujian tersebut dapat memberikan pengalaman tambahan bagi Rossi. Sebab, Sirkuit Red Bull Ring merupakan arena digelarnya race 10 MotoGP 2016 yang diadakan pada Minggu, 14 Agustus 2016 malam WIB.

Untuk pertama kalinya sirkuit yang memiliki lintasan sepanjang 4,326 km kembali menggelar balapan MotoGP sejak terakhir kali pada 1997. Setelah itu, Sirkuit Red Bull Ring tak lagi menggelar lomba balap motor paling prestisius tersebut dan lebih fokus mengadakan race Formula One (F1).    

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews