60 Orang Tewas Dalam Upaya Kudeta Militer di Turki

60 Orang Tewas Dalam Upaya Kudeta Militer di Turki

Militer pendukung pemerintah Turki di jalanan pusat kota Ankara. (foto: ist/reuters)

BATAMNEWS.CO.ID, Ankara - Sekitar 60 orang dilaporkan tewas dalam upaya kudeta militer yang berlangsung di Turki. Sebagian besar korban tewas adalah warga sipil yang melakukan perlawanan terhadap militer yang mencoba melakukan kudeta.

Ribuan warga Turki turun ke jalan untuk melawan anggota militer yang mencoba melakukan kudeta. Ini dilakukan warga Turki setelah adanya perintah dari Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk keluar, dan melakukan perlawanan.

Dewan Perdamaian, kelompok militer yang melakukan upaya kudeta merespon dengan keras tindakan warga Turki tersebut. Mereka menembaki warga Turki yang melakukan aksi demontrasi dan perlawanan.

Upaya kudeta sendiri sejatinya berhasil diredam setelah pasukan pro-Erdogan turun tangan. Meskipun sejumlah wilayah sudah berhasil direbut kembali, namun pertempuran antara Dewan Perdamaian dan pasukan pro-Erdogan masih terjadi di beberapa lokasi.

Upaya kudeta ini sendiri diketahui dipimpin oleh Kolonel Muharrem Kose. Dia adalah anggota militer Turki yang dipecat secara tidak hormat Maret lalu karena diduga memiliki hubungan dengan tokoh anti-pemerintah yang saat ini berada di Amerika Serikat (AS), Fethullah Gulen.

(ind/bbs)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews