Melongok Villa Sisa-sisa Kejayaan Daeng Rusnadi di Natuna (1)

Melongok Villa Sisa-sisa Kejayaan Daeng Rusnadi di Natuna (1)

Salah satu villa milik Daeng Rusnadi di Natun (Foto: Fox/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Siapa yang tak kenal Daeng Rusnadi di Natuna Kepulauan Riau. Mantan Bupati Natuna periode 2006-2009 ini sangat tersohor dan kontroversial. Banyak kisah menarik dari pria yang kini masih menjalani hukuman penjara di Lapas Tanjungpinang itu.

Dari hasil kekayaannya yang dikumpulkan selama menjabat, Daeng dikenal memiliki tanah yang luas di mana-mana di Pulau Bunguran, Kabupaten Natuna. Mulai dari pantai, gunung, bukit dan beberapa lokasi lainnya dikabarkan disertifikati atas nama Daeng.

Salah satu yang unik dari Daeng adalah keberadaan vila-vila miliknya yang berlokasi di empat penjuru mata angin di Pulau Bunguran. Sejak Daeng tersandung korupsi dan masuk jeruji, beberapa asetnya terbengkalai. Bangunan-bangunan itu pun mulai menyeramkan.

Keempat vila dibangunnya di empat penjuru mata angin (barat, timur, utara dan selatan), yakni Gunung Sebayar atau Bukit Berangin (Bukit Arai), Bukit Senumbing, Pulau Kambing dan Gunung Air Hiu. Salah satu vila milik Daeng yang berada di ketinggian dekat Bukit Arai bisa dilihat dari kejauhan oleh warga yang melintas.

Sementara itu salah satu vilanya di Bukit Senubing misalnya kini bak rumah drakula.  Dedaunan kering, jaring laba-laba dan ranting-ranting yang mulai menyemaki jalan menuju lokasi itu pun kian menyeramkan. Banyak kayu-kayu penyangga yang nampak lepas. Rerumputan mulai tinggi 

Vila berarsitektur kayu itu punya keunikan. Menurut salah seorang warga vila itu dibangun ditengah batu besar dan pohon di dalamnya. "Dulu kami pernah ke sini, tahun 2008. Cuma setahun aja vila itu. Waktu itu kami diundang buka bersama, Tahun 2009, pak Daeng ditangkap. Berarti udah lama dibiarkan kosong," kata Roni, warga Ranai.

"Vila itu kan dibangun di tengah batu besar. Pokoknya unik di dalamnya. Kini vila-vila Pak Daeng itu banyak yang tak terurus. Satunya lagi yang di Bukit Berangin itu jalan ke sana banyak ularnya," terang Roni lagi.

 

[fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews