Ternyata Tanah Kavling Lebih Diminati Ketimbang Apartemen

Ternyata Tanah Kavling Lebih Diminati Ketimbang Apartemen

Salah satu apartemen di pusat kota Batam (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ternyata tanah kavling lebih diminati konsumen dibandingkan dengan investasi aparetmen. Secara umum, hunian, khususnya rumah tapak masih tercatat sebagai jenis properti yang paling ingin dimiliki. 

Namun hal itu tidak berlaku untuk apartemen. Minat konsumen justru lebih tinggi terhadap tanah dan ruko ketimbang hunian vertikal.

Tingginya minat terhadap tanah tak terbatas pada tanah pribadi, karena tanah industri dan komersial juga mengundang minat yang tinggi. Rumah dengan harga di bawah 500 Juta tetap menjadi primadona, termasuk rumah subsidi.

Data ini berdasarkan analisis perilaku pengunjung Rumah.com yang didatangi 2 juta pengunjung dengan total 13,5 juta pageviews setiap bulan dan lebih dari 370.000 properti, seperti rumah, tanah, ruko dan apartemen.

“Bagi masyarakat Indonesia, rumah tapak dianggap memiliki keuntungan investasi jangka panjang daripada apartemen karena beragam alasan, misalnya kenyamanan untuk ditinggali bersama keluarga dengan pekarangan, garasi dan taman, serta kemungkinan untuk diperluas secara horisontal maupun vertikal,” ujar Wasudewan, Country Manager Rumah.com.

“Meski lokasi apartemen umumnya berada di area super strategis dan fasilitas lengkap, pilihan memiliki hunian ini belum bisa menggeser rumah dari prioritas utama,” ia menjelaskan.

Dengan waktu tempuh yang dapat diperhitungkan memanfaatkan transportasi publik, seperti commuter line, wilayah pinggiran kota pun menjadi pilihan hunian bagi pencari properti.

Ukuran rumah yang paling banyak diminati adalah ukuran 40-80 meter persegi. Dibanding apartemen, minat terhadap ruko ternyata lebih besar seiring ekonomi yang terus menggeliat di area-area strategis.

Minat terhadap tanah juga tak kalah tinggi, bahkan lebih tinggi dari apartemen. Pasalnya, harga investasi tanah selalu merangkak naik setiap tahun. Pemilik tanah pun tidak membutuhkan biaya ekstra untuk perawatan dan asuransi.

Menurut data Rumah.com, peminat tanah pribadi sebesar 7,52% dari seluruh total pencarian. Angka ini sedikit lebih kecil dari tanah komersial (7,54%) yang merupakan properti untuk tujuan residensial maupun ruko. Sementara pencarian tanah industri yang melibatkan para pemburu properti untuk kebutuhan pergudangan dan pabrik, jumlahnya 7,43%.

“Properti adalah investasi penting dalam hidup. Pencarian properti secara online memungkinkan konsumen untuk memastikan bahwa dana yang akan mereka keluarkan sesuai dengan properti yang akan mereka dapatkan,” Kata Wasudewan.

“Dengan dukungan beragam fitur yang dikembangkan Rumah.com, siapa saja dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi, harga hingga fasilitas. Informasi ini penting agar konsumen siap bernegosiasi dengan agen properti, developer maupun penjual properti sehingga dapat menentukan keputusan secara tepat dalam memilih rumah, ruko, tanah atau apartemen idaman,” ia menambahkan.

Salah satu inovasi Rumah.com adalah fasilitas Review Properti (http://www.rumah.com/perumahan-baru/resensi) yang pertama di Indonesia. Inilah fitur yang menghadirkan ulasan para ahli properti tentang perumahan dan apartemen baru di seluruh Indonesia secara obyektif, transparan dan professional.

TREND PROPERTI SEMESTER 1 2016 RUMAH.COM

Tipe Properti yang Paling Diminati:

Rumah 65,18%

Tanah Komersial 7.54%

Tanah Pribadi 7.52%

Tanah Industri 7.43%

Ruko 7.25%

Apartemen 5.09%

Dari data Rumah.com, harga rumah yang paling diminati adalah rumah yang berada pada kisaran Rp250 Juta-Rp500 Juta, disusul rumah di bawah Rp200 Juta.

Batas psikologis konsumen sepertinya berada pada kisaran Rp1 Miliar. Pada kisaran harga Rp1 Miliar ke atas, peminatnya tidak terlalu banyak.

Sementara itu, jenis rumah yang dicari adalah rumah untuk keluarga muda atau keluarga kecil, dengan luas bangunan 40m2-80m2. Jumlahnya lebih dari 50%.

Sama seperti rumah, harga tanah komersial, tanah pribadi, tanah industri, ruko, dan apartemen yang paling diminati juga berada pada kisaran Rp250 Juta-Rp500 Juta. Luasnya juga sama, berkisar antara 40m2-80m2.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews