Bluetooth Rilis Versi Terbaru, Ini Kelebihannya

 Bluetooth Rilis Versi Terbaru, Ini Kelebihannya

Bluetooth 5.0. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Washington - Special Interest Group (SIG) pengembang di balik teknologi Bluetooth akan meluncurkan versi terbaru yaitu Bluetooth 5.0. Rencananya versi terbaru ini akan diluncurkan akhir 2016 atau paling lambat awal 2017.

Sudah pasti versi terbaru ini mempunyai keunggulan atau kemampuan baru dibandingkan Bluetooth 4.0. Berikut beberapa kelebihan Bluetooth 5.0. Seperti dilansir dari laman resminya, ini sejumlah kelebihannya:

Jangkau Dua kali Lebih Jauh

Bluetooth versi terakhir, 4.2 menawarkan luas jangkauan hingga 10 meter. Jangkauan ini hampir menandingi WiFi namun bagi sebagian orang ini masih dianggap kurang. Untuk itulah, SIG memberikan kemampuan ekstra di Bluetooth 5.0 dengan jangkauan dua kali lebih luas, atau jika dikalikan maka ia akan menjangkau perangkat sejauh 20 meter.

Data Transfer Empat Kali Lebih Cepat

Jika Bluetooth versi keempat menawarkan kecepatan transfer hanya 25Mbps, Bluetooth 5.0 diklaim bakal mampu menghadirkan kecepatan transfer hingga 4x dari angka itu. Kendati kecepatan ini masih jauh di bawah kecepatan yang diberikan oleh WiFi yang menyentuh 250Mbps.

Info Lokasi Bluetooth

Selain kecepatan, daya jangkau dan dukungan perangkat. Bluetooth 5.0 juga mampu memberikan pasokan informasi navigasi dan lokasi. Memungkinkan perangkat untuk mengetahui lokasi bluetooth dan memperoleh petunjuk navigasi sederhana.

Dukungan Internet of Things (IoT)

Daya jangkau yang lebih luas memberikan banyak keuntungan kepada pengguna. Salah satunya memberikan kemudahan untuk menggunakan fungsi dan keuntungan dari perangkat Internet of Things (I0T) yang kian marah diadopsi. Perlu diketahui bahwa sebagian besar perangkat IoT berpangku pada dukungan dan kecepatan koneksi nirkabel demi menjangkau smartphone atau perangkat terintegrasi lainnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews