Menteri Agama: Idul Fitri Jatuh Pada Hari Rabu 6 Juli 2016

Menteri Agama: Idul Fitri Jatuh Pada Hari Rabu 6 Juli 2016

Sidang isbat penentuan Ramadhan. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) baru saja menggelar sidang Isbat bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, Dirjen Bimas Islam Machasin dan sejumlah ormas agama Islam.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan berdasarkan hasil Isbat puasa Ramadhan tahun ini berlangsung selama 30 hari. Artinya, kata dia 1 Syawal 1437 Hijriah untuk perayaan Idul Fitri jatuh pada Rabu 6 Juli 2016.

"Maka kita bersepakat tahun ini, syawal jatuh pada hari Rabu 2016," jelas Lukman di Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Dia menerangkan, berdasarkan hisab bahwa posisi hilal masih berada di bawah ufuk berkisar minus dua derajat. "Dari seluruh tanah air dari barat sampai timur maka posisi hilal ada di bawah ufuk," terangnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menambahkan, hasil hisab diketahui berdasarkan titik ketinggian di semua provinsi Indonesia yang dilakukan oleh tim hisab rukyat Kemenag dan pembinaan syariah.

"Melaporkan bahwa seluruh provinsi selain Aceh dan Sumatera tidak ada satupun yang lihat hilal. Namun di dua titik itu masih minus dua derajat," ucapnya.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin, penetapan 1 Syawal secara serentak ini dapat dijadikan momentum ukhuwah Islamiah bagi umat Islam.

"Maka dari itu kita satukan kerangka berpikir kita, kita satukan juga gerakan Islami kita," ujar Maruf di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Sedangkan bagi Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, perayaan 1 Syawal secara bersamaan baik Muhammadiyah dan pemerintah adalah sebuah keberkahan dan kenikmatan dalam pengupayaan waktu ibadah umat Islam.

"Ini keberkahan dan kenikmatan karena dalam penetapan ini juga dihadiri dan disetujui oleh ormas-ormas Islam," kata Ali.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews