Tentukan Lebaran, Sidang Isbat Digelar Sore Ini

Tentukan Lebaran, Sidang Isbat Digelar Sore Ini

Sidang isbat penentuan Ramadhan. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kementerian Agama bakal menggelar sidang isbat sore ini untuk penentuan 1 Syawal atau Lebaran tahun 2016 ini.

Sama halnya sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan, sidang isbat penentuan 1 Syawal yang digelar oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag bakal dilakukan secara tertutup.

Dalam proses penentuan awal bulan Syawal, pihaknya menggunakan metode hisab dan rukyat. Hal tersebut sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah.

“Kita selalu mengikuti fatma MUI ini. Di situ juga diatur bahwa Kemenag wajib berkonsultasi dengan MUI, ormas Islam serta instansi terkait lainnya sebelum menentukan bulan-bulan penting tadi,” tutur Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Karenanya, untuk menentukan satu Syawal pihaknya juga sudah menyiapkan petugas untuk memantau hilal di beberapa titik. Disebutkannya, para petugas pemantau pun sudah disumpah kesaksiannya.

“Kita juga akan minta mereka untuk terus melaporkan perkembangannya. Untuk penentuan 1 Syawal posisi hilal ada di bawah ufuk,” tandasnya.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews