Baznaz Kucurkan Zakat Rp500 Juta ke Fakir Miskin

Baznaz Kucurkan Zakat Rp500 Juta ke Fakir Miskin

Pelantikan Baznaz Karimun beberapa waktu lalu (Foto: Kemenag)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun menyalurkan zakar senilai Rp500 juta ke masyarakat kurang mampu. Dana tersebut terkumpul dari para warga Karimun.

Zakat tersebut menurut Baznaz merupakan zakat periode ke-II tahun 2016. Pembagian di Aula Darun Nadwah Masjid Agung Karimun. 

Acara tersebut dihadiri Bupati Karimun H Aunur Rafiq, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Kakamenag Karimun H Aprizal dan para penerima zakat fakir miskin, fasibilillah.

'Baznas Karimun terus setiap tahunnya menyalurkan dana yang terkumpul kepada orang kurang mampu. Dan secara tidak langsung telah membantu Pemerintah dalam mengentas kemiskinan,'' ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Rafiq berharap jumlah jumlah penerima zakat di Kabupaten Karimun haruslah berkurang dari tahun ke tahun. 

“Jangan terus bertambah. Artinya, yang sebelumnya hanya menerima zakat di tahun berikutnya gantian menyerahkan zakat ke Baznas,” ujar dia.

Ketua Baznas Karimun, H. Atan AS menuturkan, pihaknya mengumpulkan dana zakat sebesar Rp500 juta. Kemudian zakat itu diberikan kepada fakir miskin atau mereka yang berhak menerima dana tersebut (mustahiq zakat), sebanyak 1141 orang.

Kemudian Fasibilillah ada 139 orang dan bantuan pendidikan agama ada 7 orang sebesar Rp32.300 juta.

Total periode pertama dan kedua ini mencapai Rp900 juta. Baznaz menargetkan hingga akhir tahun 2016 nanti mencapai Rp2 Miliar. Untuk sementara yang rutin menyerahkan zakat profesi ke Baznas Karimun dari Polres Karimun, selama 5 bulan terkumpul mencapai Rp177.463.200.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews