Lima Batu Akik Paling Populer dan Dicari Orang

Lima Batu Akik Paling Populer dan Dicari Orang

Batu akik bacan

Batam – Bagi Anda penggemar batu akik mungkin sudah mengetahui beberapa batu akik yang populer dan banyak dicari orang.

Nah, dari sekian banyak jenis batu, berikut urutan lima besar batu akik yang paling mahal dan populer dicari para pecinta batu dan kolektor.

1. Batu akik asal Maluku Utara, Halmahera Selatan, saat ini sangat tersohor hingga ke mancanegara, bahkan sejak tahun 1960 Presiden Soekarno saat berkunjung ke Pulau Bacan dihadiahi beberapa butir batu Bacan.

Juga pada masa pemerintahan Presiden SBY juga menghadiahi Presiden Barrack Obama batu Bacan. Batu akik Bacan juga dikenal sebagai batu hidup yang bisa berubah warna menjadi lebih indah secara alami.Tak heran bila harga batu ini cukup tinggi.

2. Keistimewaan batu yang satu ini karena punya wujud gambar secara alami, ada gambar manusia dan hewan. Makin unik gambarnya, harganya pun semakin mahal, bahkan sampai ratusan juta.

Batu ini banyak ditemukan di daerah Pacitan (Jawa Timur) dan Garut (Jawa Barat)

3. Sesuai namanya panca warna, batu ini memiliki 5 warna. Batu yang berasal dari Garut Jawa Barat ini selain keindahan warnanya, konon memiliki sugesti bagi pemilik yang memakainya.

Tak heran kalau saat ini batu jenis ini banyak dicari para pecinta batu.

4. Batu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan penggemar karena memiliki corak yang indah dan menawan. Warnanya yang indah membuat batu ini mbanyak diincar mereka yang menyukai indahnya batu permata.

Jenis batu akik ini berasal dari Aceh yang terdiri dari jenis batu idocrase. Di antara batu yang terkenal asal Aceh yakni batu giok Aceh dan batu hijau lumut Aceh.

Bahkan saat pameran batu akik di Jakata September lalu, bio solar Aceh terjual seharga Rp 200 juta.

5. Salah satu batu akik yang sedang popular dan naik daun adalah batu akik Red Raflesia. Batu akik dari Bengkulu ini semakin digemari, sehingga harganya pun semakin tinggi.

Bahkan, dalam beberapa bulan terakhir ini bahan batu akik Red Raflesia ini semakin sulit ditemui.

Batu akik Red Raflesia memiliki beberapa bagian warna. Di antaranya, warna kuning, orange, dan putih. Tetapi, biasanya batu akik Red Raflesia yang berwarna merah yang paling dicari dan kini mulai langka.

Bahkan, disebut-sebut batu akik Red Raflesia ini kini mulai menyaingi batu aki Bacan yang terkenal dari Maluku Utara itu. Harga perkilonya mencapai 8 juta.

 

[isk]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews