Pelindo I Bakal Naikkan Tarif Pas Pelabuhan, Bupati Rafiq: Jangan Langsung Naik

Pelindo I Bakal Naikkan Tarif Pas Pelabuhan, Bupati Rafiq: Jangan Langsung Naik

Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun -  Bupati Karimun Aunur Rafiq menolak kenaikan tarif pas Pelabuhan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Rafiq meminta harus ada kesepakatan sebelum ada kenaikan.

Saat ini PT Pelindo I telah merenovasi dan meningkatkan fasilitas pelabuhan domestik itu. Sebelumnya, Pelindo I beberapa kali menaikkan tarif pas pelabuhan secara sepihak. Terakhir menerapkan tarif Rp6.000, belakangan dikembalikan ke Rp2.500.

"Jangan langsung dinaikkan, kita dudukkan dan rapatkan dulu," kata dia di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Minggu (19/6/2016).

Bupati mengatakan PT Pelindo I tidak bisa langsung menaikkan tarif pas pelabuhan meski BUMN tersebut telah merenovasi dan menambah fasilitas di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun.

Dia menuturkan, sesuai kesepakatan antara pemerintah daerah dengan Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun pada Januari 2016, tarif pas pelabuhan domestik boleh dinaikkan dalam waktu enam bulan, dengan catatan harus ada perbaikan dan peningkatan fasilitas untuk penumpang.

"Jadi tunggu enam bulan dulu, baru dibicarakan kembali soal rencana kenaikan tarif pas pelabuhan," ucapnya menegaskan.

Aunur Rafiq mengapresiasi upaya Pelindo yang bekerja sama dengan PT Karya Karimun Mandiri selaku perusahaan milik Pemkab Karimun untuk merenovasi dan meningkatkan fasilitas di pelabuhan tersebut.

Dia menilai wajah pelabuhan domestik sudah berubah jauh dibandingkan sebelum direnovasi.

Ruang tunggu dengan kursi-kursi serba baru dibatasi dinding kaca dan dilengkapi pendingin ruangan atau AC. Kemudian, kantin dan ruang tunggu juga sudah dipisahkan dinding kaca.

"Sudah cukup bagus, ada perubahan cukup signifikan," kata dia.

Manajer Teknik PT Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun Kusno dalam satu kesempatan mengatakan tarif pas pelabuhan domestik belum dinaikkan meski renovasi dan penambahan fasilitas telah selesai.

"Sesuai kesepakatan dengan pemda, tarif pas pelabuhan memang baru dinaikkan dalam enam bulan, mungkin setelah Lebaran," ucap Kusno.

Pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun direnovasi selama sekitar tiga pekan, dan baru tuntas beberapa hari lalu.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews