10 Fakta Menarik Tentang Euro 2016 di Prancis

10 Fakta Menarik Tentang Euro 2016 di Prancis

Euro 2016. (foto: ist/pesmyclub)

BATAMNEWS.CO.ID - Piala Eropa alias Euro yang dihelat di Prancis digelar dari tanggal 10 Juli 2016 sampai 10 Juli 2016. Selama sebulan penuh, pecinta bola dimanjakan dengan aksi memikat para seniman bola Eropa yang berlaga di sepuluh kota di Prancis.
 
Spanyol memasuki turnamen ini dengan status sebagai juara bertahan. La Furia Roja merebut trofi Euro setelah mengandaskan Jerman di Euro 2008 dan Italia di Euro 2012. Akankah mereka mampu melakukan hattrick di Prancis? Kita tunggu saja.

Yuk kita simak 10 fakta menarik tentang Euro 2016.

1. Ada 24 tim yang berlaga untuk pertama kalinya

Sejak pagelaran Euro 1996, total ada 16 tim yang berpartisipasi di turnamen sepak bola terbesar di Eropa ini. Setelah menanti selama lima Euro, kita akhirnya akan menyaksikan 24 tim berlaga yang terbagi dalam enam grup (A-F). Artinya, jumlah kontestan bertambah delapan tim. Sebagai perbandingan, Piala Dunia 1994 yang dimenangkan oleh Brasil juga diikuti 24 tim. Uniknya, meski diikuti 24 tim, Euro 2016 juga akan menghelat babak 16 besar. Dalam babak 16 besar, 16 tim diambil dari dua tim teratas masing-masing grup (total ada 12 tim) ditambah empat tim peringkat tiga terbaik.

2. Gibraltar ikut babak kualifikasi untuk pertama kalinya

53 tim EUFA (kecuali Prancis sebagai tuan rumah) berkompetisi dalam babak kualifikasi Euro 2016. Yang menarik, ada satu tim yang baru kali ini mengikuti kualifikasi, yaitu Gibraltar. Mungkin nama ini sedikit asing untuk Anda. Gibraltar melamar untuk menjadi anggota UEFA dan diterima dalam kongres UEFA pada Mei 2013. Dengan demikian, Gibraltar kini menyandang status sebagai anggota terkecil UEFA dalam hal populasi, sebab mereka hanya punya penduduk 30.000 jiwa saja! Namun karena belum sepenuhnya menjadi anggota FIFA, Gibraltar belum bisa mengikuti kualifikasi Piala Dunia.

3. Prancis kalahkan dua negara untuk jadi tuan rumah

Banyak negara Eropa begitu tertarik untuk menjadi tuan rumah ajang empat tahunan ini, seperti Skotlandia, Wales, Rusia, dan Republik Irlandia. Namun, pada akhirnya, sampai deadline tanggal 9 Maret 2009, hanya ada lima negara yang secara resmi mengajukan diri, yaitu Perancis, Italia, Turki, Norwegia, dan Swedia.

Dari lima negara itu, hanya Turki yang belum pernah sekali pun menyelenggarakan Euro atau pun Piala Dunia. Norwegia dan Swedia mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama, namun mereka kemudian mundur pada Desember 2009 karena kurang mendapat dukungan politik dari negara masing-masing.

Dalam proses voting, Prancis mendapat 43 poin, sementara Turki mendapat 38 poin dan Italia 23 poin. Prancis dan Turki pun maju ke babak final, dan Prancis mengungguli Turki dengan perolehan suara 7 berbanding 6. Prancis pun resmi menjadi tuan rumah Euro 2016.

4. Prancis menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya

Euro 2016 akan menjadi Euro ketiga yang diselenggarakan di Prancis setelah Euro edisi 1960 dan 1984. Dengan catatan ini, Prancis menjadi negara pertama yang menghelat gelaran akbar ini sebanyak tiga kali. Di tahun 1984, Prancis mengangkat trofi juara setelah menyungkurkan Spanyol di babak final dengan skor 2-0.

5. Logo Euro 2016 mengandung trofi dan warna bendera Prancis

Logo adalah hal pertama yang diperkenalkan sebelum slogan, maskot, bola, atau poster. Logo Euro 2016 ditunjukkan untuk pertama kalinya setahun setelah ajang Euro 2012, tepatnya pada tanggal 26 Juni 2013 dalam sebuah upacara di Pavillon Cambon Capucines di Paris.

Desainer logo ini adalah agensi Portugal bernama Brandia Central, yang juga membuat logo Euro 2012 yang mengandung dua bunga dan sebuah bola. Tema yang diusung logo Euro 2016 adalah “Merayakan seni sepak bola.” Logo ini menampilkan trofi Henri Delaunay yang nantinya akan diberikan pada tim juara. Trofi ini mengandung unsur warna biru, putih, dan merah yang merupakan warna bendera nasional Prancis, yang dikelilingi dengan campuran bentuk dan garis yang mewakili berbagai gerakan seni dan elemen sepak bola yang berbeda.

6. Slogan Euro 2016 adalah Le Rendez-Vous

Pada tanggal 17 Oktober 2013, UEFA mengumumkan slogan resmi Euro 2016, yaitu Le Rendez-Vous. Slogan ini selain menarik juga sangat jelas artinya. Slogan ini merujuk pada fakta bahwa Prancis akan menjadi tuan rumah untuk kali ketiganya dan bahwa tim-tim terbaik akan bertemu di Prancis sekali lagi.

7. Super Victor akan menjadi maskot Euro 2016


Maskot Euro 2016 untuk pertama kalinya diperkenalkan pada tanggal 18 November 2014. Maskot ini juga untuk pertama kalinya muncul sebelum pertandingan antara Prancis melawan Swedia yang digelar di stadion Stade Vélodrome, Marseille. Maskot ini berbentuk setengah anak kecil dan setengah superhero. Ia mengenakan pakaian Perancis dengan jubah belakang berwarna merah. Jika dilihat, ia menggunakan semua unsur warna bendera Prancis.

Jubah, sepatu bola, sarung tangan, dan bola diklaim sebagai kekuatan super si bocah Victor yang ditemukan di tempat harta karun dan memungkinkannya untuk terbang. Nama Super Victor cukup mudah untuk dijelaskan. Victor mengacu pada kata victory (kemenangan), dan super mengacu pada kekuatan supernya. Super Victor menjadi maskot berbentuk manusia keempat yang dijadikan maskot Euro.

Meskipun superhero kecil ini dipamerkan pertama kali pada 18 November 2014, namanya baru diumumkan beberapa hari kemudian, tepatnya pada tanggal 30 November 2014. Ada pemungutan suara untuk memutuskan namanya. 107.790 orang ikut serta dan mereka harus memilih satu dari tiga nama berikut: Super Victor, Driblou dan Goalix. Super Victor menang dengan 48% suara, mengungguli Driblou (25%) dan Goalix (27%).

8. Harga termurah Euro 2016 harganya 25 € (euro)

Harga termurah untuk tiket Euro 2016 adalah 25 euro (sekitar Rp 368 ribu) dan tersedia untuk 43 dari 51 pertandingan. Untuk semua pertandingan kecuali partai final, akan ada tiket dijual di bawah 100 euro. Sekitar 75% dari tiket (yang berjumlah sekitar 2,5 juta tiket) akan tersedia untuk pendukung 24 tim dan penonton umum.
Harga tiket paling mahal untuk partai final mencapai 895 euro. Di setiap pertandingan akan ada 2.000 tiket yang disediakan untuk penduduk yang tinggal di kota tuan rumah dan 2.000 tiket untuk pemain dari asosiasi sepak bola Prancis. Tahap awal dari proses penjualan tiket dimulai pada 10 Juni 2015 di mana satu juta tiket dijual.

9. 10 kota dan 10 stadion akan digunakan untuk menghelat pertandingan
 
Pada tanggal 28 Mei 2010, sebanyak 12 stadion dan kota dipersiapkan untuk Euro 2016. Jumlah ini kemudian dikurangi menjadi sembilan setahun kemudian pada akhir Mei 2011. Pada bulan Juni 2011, jumlah kota tuan rumah dan stadion ditambah menjadi sebelas karena ada perubahan format 24 tim. Namun enam bulan berselang, pada Desember 2011, kota Nancy mundur karena renovasi stadion runtuh. Pada akhirnya, ditetapkan 10 kota dan 10 stadion yang akan menyelenggarakan pertandingan Euro 2016.

Stadion-stadion tersebut antara lain:
    Stade de France, berlokasi di kota Saint-Denis
    Stade Vélodrome, berlokasi di kota Marseille
    Parc Olympique Lyonnais, berlokasi di kota Lyon
    Stade Pierre-Mauroy, berlokasi di kota Lille
    Parc des Princes, berlokasi di kota Paris
    Nouveau Stade de Bordeaux, berlokasi di kota Bordeaux
    Stade Geoffroy-Guichard, berlokasi di kota Saint-Étienne
    Allianz Riviera, berlokasi di kota Nice
    Stade Bollaert-Delelis, berlokasi di kota Lens
    Stadium Municipal, berlokasi di kota Toulouse
 
10. Bola Euro 2016

Bola resmi yang akan digunakan dalam event kali ini adalah Adidas Beau Jeu, yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 12 November 2015 oleh mantan bintang Perancis, Zinedine Zidane. Beau Jeu memiliki arti “permainan yang indah.”

(ind/berbagai sumber)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews