Euro 2016

9 Fakta Menarik Spanyol vs Ceko: Duel Dua Juara Grup

9 Fakta Menarik Spanyol vs Ceko: Duel Dua Juara Grup

Latihan timnas Spanyol menjelang pertandingan di Piala Eropa 2016. (foto: ist/reuters)


BATAMNEWS.CO.ID, Paris - Spanyol akan menghadapi Republik Ceko di penyisihan Grup D Piala Eropa, Senin, 13 Juni 2016. Laga di di  Stadium Municipal, Toulouse diprediksi berlangsung menarik, karena melibatkan dua juara grup babak kualifikasi.

Ceko lolos ke Prancis dengan status sebagai juara Grup A. Seperti dilansir situs resmi UEFA, Petr Cech dan kawan-kawan meraih 22 poin, hasil dari tujuh kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Raihan ini tergolong mengejutkan. Sebab, mereka mampu menyingkirkan salah satu tim unggulan, Belanda.

Ceko sukses dua kali mengalahkan Belanda. Mereka menang 2-1 saat tampil sebagai tuan rumah di Generali Arena, Praha. Sementara itu, laga di Amsterdam Arena berhasil dimenangkan Ceko dengan skor 3-2.

Hasil tersebut membuat Belanda gagal lolos ke Prancis, karena hanya mampu menempati posisi empat Grup A. Islandia lolos menemani Ceko dari grup ini.  

Sementara itu, Spanyol berhasil lolos sebagai juara Grup A di kualifikasi. Mereka lolos dengan menyakinkan: meraih 27 poin hasil sembila kali menang dan hanya sekali kalah.

Spanyol memulai fase kualifikasi dengan membantai Macedonia 5-1. Sempat kalah 1-2 dari Slovakia di laga kedua, Spanyol mengamuk dengan menyapu bersih delapan pertandingan tersisa.

Produktivitas Spanyol sepanjang kualifikasi tergolong tinggi. Mereka mencetak 23 gol dan hanya kebobolan tiga gol.

Spanyol sukses menjadi juara pada 2008 dan 2012. Setelah gagal di Piala Dunia 2014, La Furia Roja ingin membuktikan diri sebagai tim papan atas Eropa.

Berikut, 9 fakta menarik jelang Spanyol vs Republik Ceko, seperti dilansir Opta dan Eurosport:

1. Merupakan pertemuan pertama Spanyol dan Republik Ceko di turnamen besar.

2. Kekalahan terakhir Spanyol di Piala Eropa terjadi pada Juni 2004 (kalah 0-1 dari Portugal).

3. Hanya Lilian Thuram dan Edwin van der Saar (16) yang melakoni pertandingan lebih banyak di Piala Eropa dibandingkan Iker Casillas (14).

4. Republik Ceko kebobolan 14 gol di babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Ini menjadi rekor terbanyak dibandingkan kontestan lainnya.

5. Republik Ceko berhasil memenangkan tujuh pertandingan dalam 10 laga terakhir di penyisihan grup Piala Eropa (kalah tiga kali).

6. Ini merupakan partisipasi Spanyol yang ke-6 secara beruntun di Piala Eropa. Mereka tercatat sebagai tim pertama yang juara dalam dua edisi beruntun (2008 dan 2012).

7. Spanyol tercatat sebagai tim paling sukses di Piala Eropa, bersama Jerman. La Furia Roja telah tiga kali juara.

8. Republik Ceko merupakan negara pecahan dari Cekoslovakia. Saat masih bernama Cekoslovakia, mereka menjadi juara Piala Eropa 1976. Di debut sebagai negara mandiri pada 1996, mereka lolos ke final.

9. Sebagai negara mandiri, Ceko baru mencetak satu gol ke gawang Spanyol. Gol dicetak Jarosliv Plasil, saat Ceko kalah 1-2 pada 25 Maret 2011.

Jadwal Pertandingan:

Senin, 13 Juni 2016
20.00 WIB - Spanyol vs Republik Ceko - RCTI
23.00 WIB - Republik Irlandia vs Swedia - RCTI
 
Selasa, 14 Juni 2016
02.00 WIB - Belgia vs Italia - RCTI

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews