Mana Sirkuit Paling Aman di MotoGP? Ini Pendapat Valentino Rossi

 Mana Sirkuit Paling Aman di MotoGP? Ini Pendapat Valentino Rossi

Ilustrasi kecelakaan di MotoGP. (foto: ist/afp)

BATAMNEWS.CO.ID - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi menilai MotoGP tidak sepenuhnya aman sebagai sebuah lomba balap motor. Pernyataan tersebut keluar dari mulut The Doctor menysusul kematian Luis Salom.

Luis Salom tewas di lintasan saat melakoni sesi latihan bebas Moto2 di Sirkuit Catalunya, 3 Juni 2016 lalu. Motornya menabrak dinding pembatas lintasan, namun yang membuat Salom cedera parah adalah bagian kepalanya membentur tangki motornya sendiri.

Setelah peristiwa tersebut, penyelenggara balapan di Sirkuit Catalunya mengubah rute sirkuit menjadi jalur lambat. Namun menurut Rossi, Catalunya bukan satu-satunya lintasan yang berbahaya.

"Saya ingat di Sirkuit Jerez beberapa tahun yang lalu, Roberto Locatelli mengalami kecelakaan di tikungan ke-10. Kemudian dia membentur dinding pembatas di sisi kiri lintasan," kenang Rossi.

Lebih jauh, Rossi menilai bahwa sirkuit yang paling aman adalah Sirkuit Losail di Qatar. Pasalnya, balapan tersebut digelar di tengah gurun pasir, menurut Rossi, ada cukup banyak ruang bila pembalap terjatuh.

"Mungkin Qatar adalah satu-satunya lintasan dimana (keselamatan) itu paling OK, tetapi saya pikir tidak ada yang 100%," katanya.

Rossi akan melakoni balapan beriktunya di Sirkuit Assen, Belanda, pada 26 Juni 2016 mendatang.  

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews