Tips Kenali Petugas Nakal di SPBU Mainkan Takaran BBM

Tips Kenali Petugas Nakal di SPBU Mainkan Takaran BBM

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Polisi membongkar praktik curang Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Veteran Raya, Rempoa, Jakarta Selatan, pada Kamis 2 Juni 2016. Pengelola SPBU bernomor 34-12305 itu diduga mengurangi takaran liter bensin ke kendaraan pengemudi dengan memakai alat canggih yaitu remote control yang dikendalikan dari jauh.
 
Namun, meski tidak memakai alat canggih, dugaan kecurangan bisa dikenali konsumen. Setiap Anda mengisi bahan bakar kendaraan Anda baik premium/solar/pertamax di pom bensin, Anda pasti pernah melihat petugas yg memegang handle katup selang yang dimasukkan ke lubang tangki kendaraan Anda. Mereka mengalihkan perhatian Anda dengan cara memberikan sugesti ke Anda agar melihat angka di mesin pom tersebut, Secara tidak sadar Anda akan melihat angka tersebut sampai selesai begitu biasanya.

Itulah ilmu hypnosis dasar sederhana yang biasa dilakukan oleh oknum petugas nakal di SPBU. Sampai-sampai Anda tidak memperhatikan handle tangan yang ditekan dan dilepas kemudian ditekan dan dilepas lagi saat pengisian bahan bakar tersebut.

Kenapa dibuat seperti itu? karena bahan bakar yang keluar tertahan dan masuk kembali ke dalam mesin tersebut, dan sisa tadi masih ada di selang yang panjang.

Yang baik adalah petugas memasukan angka liter yang dimaksud pembeli, lalu memasukan selang dan menekan handelnya lalu dilepas. Toh jika jumlah liter yang diminta sudah cukup selang akan berhenti sendiri tanpa ditekan-tekan. Bahkan, ada handle yang dipasangi karet.

Berdasarkan hal tersebut, berikut tips cara pengisian bahan bakar yang benar seperti dikutip dari berbagai sumber:

Pertama, kenali ciri petugas nakal dari proses pengisian. Jika tangki bahan bakar dalam kondisi hampir kosong atau setengah jangan biarkan petugas memainkan tuas handle selang. Sebab handle akan secara otomatis ke posisi off apabila tangki penuh.

 

Baca juga:

Horor! Angin Puting Beliung Amuk Panggung Rakyat Coastal Area

 

Kedua, pergunakan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi atau standar yang diberlakukan pabrik dari kendaraan Anda.

Ketiga, lakukanlah pengisian bahan bakar kendaraan ketika temperatur tanah dingin. Hal ini mengingat bahwa semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin temperatur maka semakin padat berat jenis bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang, kualitas bensin menurun.

Keempat, isi bahan bakar kendaraan saat tangki masih terisi setengah penuh. Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tangki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tangki. Bahan bakar memiliki sifat yang mudah menguap walau tiap jenis BBM berbeda. Terlalu banyak kandungan udara dalam tangki akan menyebabkan terbentuknya titik air pada tangki yang bisa menyebabkan karat hingga tercampur dengan BBM.

Kelima, usahakan jangan melakukan pengisian bahan bakar kendaraan saat truk tangki Pertamina sedang melakukan pengisian stok SPBU. Hal ini dikarenakan risiko kotoran atau endapan dalam tangki penyimpanan SPBU masuk dalam tangki kendaraan Anda. Pada saat proses pengisian ke tangki penyimpanan SPBU biasanya kotoran atau endapan dasar tangki akan teraduk dan bisa ikut tersedot pompa pengisian ke kendaraan Anda.

(ind/berbagai sumber)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews