Penumpang Natuna Masih Tunggu Kepastian KM Bukit Raya

Penumpang Natuna Masih Tunggu Kepastian KM Bukit Raya

KM Bukit Raya yang sempat kandas di perairan Pontianak. (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Diperkirakan sekitar 300 calon penumpang KM Bukit Raya tujuan Natuna dari Pontianak menunggu dalam ketidakpastian. 

Beberapa lainnya, yakni penumpang terusan dari Surabaya yang sudah dievakuasi masih terlantar di pelabuhan, Muara Jungkat, Kalbar, hingga Senin (6/6/2016).

Kapal Pelni KM. Bukit Raya yang kandas di alur boy 4, sejak Jumat (3/6/2016) malam lalu hingga kini belum bisa ditarik.

Para penumpang masih bertahan di ruang tunggu pelabuhan. Sementara calon penumpang dari pontianak sudah banyak mengembalikan tiket. Belum ada kejelasan Pelni terkait hal ini.

Ketua Radio Antar Penduduk Indonesia (Rapi) Kabupaten Natuna, Raja Darmika yang turut menjadi relawan dalam evakuasi penumpang kapal kandas ini sebelumnya mengatakan perlu alternatif untuk membawa penumpang tujuan Natuna saat ini.

"Saat ini belum ada kapal alternatif. Pelni hanya mengusahakan penarikan KM. Bukit Raya," ujar Raja Darmika, Minggu (6/6/2016).

Ia menambahkan saat ini warga dari Kecamatan Serasan Natuna yang terlantar di pelabuhan juga tengah menunggu kepastian. "Warga Serasan, dikomandani pak Camat Serasan, siap-siap dengan pompong meluncur membawa penumpang tujuan Serasan," jelas Raja Darmika. 

Ada 60 orang warga Serasan (Natuna) yang rencananya bertolak dari Sintete (Kalbar) dengan pompong. Warga mengaku tidak nyaman dengan kondisi terbengkalai di pelabuhan

"Kapal KM Bukit Raya sudah tiga kali dicoba ditarik, masih gagal. Jika kali keempat masih belum berhasil harus ada kapal lain yang membawa warga Natuna yang akan pulang pada Ramadan ini ke kampung halaman mereka," sebutnya.

Pihak Syahbandar terkait saat ini sedang menginvestigasi pelayanan pascakandas. 

"Harus ada kapal alternatif. Termasuk juga untuk ke Serasan dan Midai," sebut Raja lagi.


[fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews