Jelang Ramadhan, Ratusan Orang Ziarah ke Makam Zuriat Nong Isa

Jelang Ramadhan, Ratusan Orang Ziarah ke Makam Zuriat Nong Isa

Makam zuriat Nong Isa di Nongsa, Batu Besar, Batam, yang kerap dikunjungi. (Foto: Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Makam zuriat Raja Isa bin Raja Ali atau yang lebih dikenal dengan Nong Isa di kampung tua Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, mulai ramai dikunjungi warga. Ratusan warga datang dari berbagai daerah. 

Tak hanya dari Batam, namun dari luar Batam juga turut berziarah ke makam bersejarah tersebut.

Warga setempat, Ida mengatakan, para peziarah juga datang dari Singapura dan Malaysia.

"Sebelum puasa ramai yang datang wai, selain orang sini (Batam) dari Tanjungpinang banyak juga. Kadang ada juga dari Singapura,” ujar Ida dengan logat khas melayunya, Jumat (3/6/2016).

Kemudian Ida bercerita, konon orang yang berziarah ke makam zuriatnya Nong Isa sebagai pelengkap saat melakukan ziarah pada saat menjelang Ramadhan.

"Orang Tanjungpinang bilang ngga lengkap ziarah apabila belum kesini. Habis dari Pulau Penyengat mereka pasti ke sini," kata dia

Namun, makam Nong Isa hingga kini belum diketahui keberadaannya dan menjadi kontroversi. 

Konon makam Nong Isa berada di kampung tua Nongsa tersebut, tapi warga setempat enggan memberitahukan dan tidak mau menjelaskan alasannya.

"Awak ni mungkin sudah orang kesekian yang menanyakan soal itu, dari leluhur pun tak nak nyebutkan. Dulu ada yang nanya sama nenek, tapi nenek pun tak nak nyebutkan," kata Ida sambil ditemani suami dan dua anaknya di warung miliknya.

Menurut sejarah, daerah Nongsa ini dulunya dikuasai oleh seorang penguasa yang bernama Nong Isa. Nong Isa adalah nama kecil dari Raja Isa bin Raja Ali yang merupakan seseorang yang pertama kali di beri amanah dari Sultan Riau Sultan Abdul Rahman Muazam Syah I dan yang dipertuan Muda VI Raja Jaffar untuk berkuasa di Pulau Batam tepatnya di daerah Nongsa dan di sekitarnya pada 22 Januari Jumadil Akhir 1245 Hijriah atau bertepatan dengan 18 Desember 1829.

Kemudian oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Batam tanggal 18 Desember tersebut dijadikan hari jadi Kota Batam.

Hingga kini makam Nong Isa masih menjadi kontroversi. Makam yang di Nongsa tersebut adalah makam sanak saudara dan famili dari Nong Isa.

 

[is]
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews