Asman Abnur: Saatnya Kepri Beralih ke Sektor Pariwisata dan Maritim

Asman Abnur: Saatnya Kepri Beralih ke Sektor Pariwisata dan Maritim

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Asman Abnur. (Foto: dok. pribadi)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepri dinilai harus cepat beralih dari sektor industri kepada sektor pariwisata dan sektor maritim untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi yang cenderung melambat. Bank Indonesia mencatat perekonomian Kepri melambat dibanding triwulan sebelumnya sebesar 5,20 % (yoy).

Perlambatan ekonomi  sangat diperngaruhi oleh kondisi ekonomi yang belum pulih.

Pada kesempatan acara Forum Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) di Kantor Bank Indonesia Batam Centre, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Asman Abnur menyampaikan sinyal tersebut.

Asman mengungkapkan, bahwa saatnya Kepri memperhatikan berbagai sektor lain yang mendukung pendapatan sehingga dapat menaikkan perekonomian di Kepri.

"Pola pikir kita seharusnya diubah, dulunya kita pikir industri yang kita pikir industri sebagai dewa yang ternyata rapuh saatnya kita memikirkan peluang usaha yang lainnya seperti dalam sektor maritim dan pariwisata,” ujar Asman Abnur, Rabu (1/6/2016).

Asman Abnur juga menambahkan, pemanfaatan sektor pariwisata dinilai mampu untuk meningkatkan perekonomian seperti yang telah diterapkan negara-negara lain seperti di Eropa, Cina dan Thailand.

Pengalihan ke sektor pariwisata juga harus memperhatikan infrastruktur yang mendorong kualitas pariwisata.

"Infrastrukturnya harus diperlengkapi, seperti pulau anambas misalnya, kebanyakan wisatawan hanya berada ditengah laut tidak samlai kedaratan karena tidak adanya penginapan, kendaraan sehingga mereka menjadi kesulitan untuk menikmati keindahan pulau anambas,” ujar Gusti Rasal Eka Putra, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri.

Selain itu para wisatawan juga harus diperlengkapi map sebagai bahan para wisatawan, kemudian membenah transportasi publik dan menambah jaringan wifi.

"Dengan begitu para wisatawan dapat menghabiskan uangnya di wilayah Kepri kita ini,” kata Gusti.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews