Menunduk Saat Pakai Smartphone, Ini Risikonya

Menunduk Saat Pakai Smartphone, Ini Risikonya

Posisi menunduk saat menggunakan smartphone punya risiko. (foto:detik)

New York - Meningkatnya penggunaan aplikasi berkirim pesan melalui ponsel pintar memicu maraknya keluhan ‘text next’ atau tekanan berlebihan di sekitar leher terutama di kalangan remaja.


Studi menunjukan posisi kepala orang ketika ber-SMS menempatkan tekanan pada tulang belakang setara dengan berat rata-rata anak berusia 12 tahun atau sekitar enam buah bola bowling, seperti dikutip batamnews.com dari republika.

Fenomena keluhan ‘text neck’ ini diungkapkan Dr Ken Hansraj, Kepala Operasi dan Rehabilitasi Medis Tulang Belakang dari New York, AS  yang baru saja mempublikasikan risetnya di Jurnal Teknologi Operasi Kedokteran Internasional.
 
Dalam artikelnya di jurnal tersebut DR Hansraj mengaku dia semakin banyak merawat pasien yang mengalami masalah pada tulang belakangnya karena apa yang disebutnya sebagai  ‘text neck’.  “Text neck adalah kondisi nyeri di bagian leher diikuti dengan perubahan pada struktur tulang leher yang terlihat dari hasil x-ray dan radiografis dan kondisi ini terjadi akibat orang melakukan posisi yang buruk (poor posture) dan tekanan berlebihan pada tulang belakang bagian leher (cervical spine),” papar Dr Hensraj baru-baru ini.
 
Dr Hensraj mengaku dirinya sangat khawatir dengan fenomena ‘text neck’ ini, terutama di kalangan remaja. Dr. Hensraj mengaku dia memiliki anak laki-laki yang berusia remaja dan ketika berkumpul dengan teman-temannya mereka malah asik bermain games dan berbicara lewat ponsel mereka dalam keadaan menundukkan kepala.
 
Dalam studinya Dr. Ken Hensraj mendapati dalam posisi leher tegak lurus dengan kepala atau pada posisi netral, besar tekanan yang dialami tulang leher untuk sekitar  10-12 pounds itu setara dengan 4,5 kg hingga 6,8kg dan itu merupakan posisi yang dikatakannya paling baik dan efisien.
 
Dan semakin condong letak kepala seseorang, maka tekanan yang ditanggung tulang leher semakin bertambah. Misalnya saja jika seseorang mencondongkan kepala  15 derajat ke arah depan, maka tulang leher kita menopang berat dua kali lipat dari berat tekanan kepala yang tegak lurus dengan leher. yakni sebesar 27 pounds atau sekitar 12,25 kg.
 
Dan beban paling berat yang ditanggung tulang leher adalah jika orang mencondongkan kepalanya ke depan sebesar 60 derajat. Karena posisi itu menghasilkan tekanan sebesar 60 pounds juga di bagian tulang leher yang setara dengan 27,22 kg.
 
Ironisnya inilah posisi tubuh kebanyakan orang ketika menggunakan ponsel pintar mereka untuuk berkirim pesan atau menggunakan aplikasi lainnya.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews