Pedagang DVD-VCD Bajakan Serbu Mal di Batam, Pedagang Original Bangkrut

Pedagang DVD-VCD Bajakan Serbu Mal di Batam, Pedagang Original Bangkrut

Deretan DVD dan VCD bajakan yang dijajakan di Batam. (Foto: Margareth/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Peredaran cakram-cakram optik bajakan yang menyebar luas di Batam membuat pengusaha VCD dan DVD original bangkrut. Sejumlah gerai penjualan cakram optik itu kini tak lagi berjualan.

Biasanya, pedagang-pedagang VCD dan DVD original itu masih bisa ditemukan di sejumlah pusat perbelanjaan di Batam seperti Mega Mall dan sejumlah pusat perbelanjaan lagi.

Kondisi ini tak lepas dari menjamurnya VCD dan DVD bajakan yang dijual bebas. Para pedagang bajakan itu dengan bebas menggelar dagangan dari kaki lima hingga ke mal-mal.

Sejumlah mal yang memberi izin pedagang bajakan itu diantaranya Nagoya Hill, BCS Mall, Top 100 Penuin, DC Mall, serta beberapa mal lainnya.

Ironisnya, sejauh ini tidak ada tindakan dari aparat kepolisian. Bahkan polisi terkesan tutup mata dengan keberadaan DVD dan VCD bajakan tersebut.

"Untuk yang kaset-kaset adli udah nggak ada lagi, ada yang bajakan di lantai 3,” ujar seorang petugas informasi di sebuah mal di Batam, Senin 23 Mei 2016.

Di mall yang berbeda juga dijumpai hal yang sama, mall tersebut tidak dijumpai kaset-kaset asli adapun hanya sebatas kaset asli dalam kategori olahraga dan agama.

Padahal beberapa tahun yang lalu pedagang kaset-kaset DVD dan VCD masih bisa dijumpai. Mereka menjual DVD tersebut berbagai kategori.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews