Instruktur Safety Riding: Pengereman Dua Jari Merugikan

Instruktur Safety Riding: Pengereman Dua Jari Merugikan

Atraksi dalam acara safety riding di lapangan parkir Stadion Temenggung Abdul Jamal Batam. (Foto: Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam -  Pengereman merupakan fitur yang sangat penting saat berkendara, baik roda mobil maupun motor. Untuk sepeda motor biasanya panduan pengereman tertempel di bodi motor dan di buku panduan.

Walaupun sudah mengerti kegunaannya, terkadang masih banyak orang masih salah dalam menerapkan cara pengereman. Cara pengereman yang baik adalah dengan menggunakan empat jari, tetapi kebanyakan orang melakukan pengereman dengan dua jari.

I Gusti Agung Budi Dharma, Instruktur Safety Riding Honda Mataram mengatakan, pengereman dengan menggunakan empat jari lebih maksimal. Apabila menggunakan dua jari untuk mengerem, posisi jari lainnya di grip tidak maksimal menutup gas.

"Dengan empat jari akan membuat kondisi grip gas benar-benar tertutup, artinya tidak ada gas tersisa yang membuat laju kendaraan berhenti sempurna," ujar I Gusti Agung Budi Dharma, pada wartawan usai acara pengumuman pemenang Competition Safety Riding di Hotel Planet Holiday, Batam, Rabu (18/5/2016) malam.

I Gusti menjelaskan, apabila hanya menggunakan dua jari, bukan hanya kendaraan yang tidak berhenti dengan sempurna, tetapi putaran mesin yang tersisa masih bekerja saat pengereman.

"Efek lainnya bahan bakar jadi boros, karena suplai bensin masih mengalir akibat gas belum tertutup. Jadi biasakanlah memgerem dengan menggunakan empat jari," kata pria yang keluar sebagai pemenang dan mendapat kesempatan mengikuti kompetisi Safety Riding di Jepang.


[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews