Batam Termasuk Kota Paling Bahagia, Ini Peringkatnya

Batam Termasuk Kota Paling Bahagia, Ini Peringkatnya

Alun-alun Kota Batam. (foto: istimewa/dispendabatam)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Maarif Institute mengadakan penelitian Indeks Kota Islami di Indonesia. Hasilnya, Bengkulu dan Denpasar memiliki nilai tertinggi untuk variabel kota paling bahagia. Batam di posisi berapa ya?

Berdasarkan penelitian, Bengkulu dan Denpasar masing-masing memperoleh nilai sempurna alias 100.

Nilai tersebut sempat dipertanyakan. Pasalnya, seperti diketahui, baru-baru ini kasus penganiayaan dan pemerkosaan dengan korban yang masih belia berinisial Yn, justru mencuat di Bengkulu.

"Bengkulu dilihat dari amannya, terpenuhi. Hal ini dilihat dari adanya peraturan daerah (perda) tentang pertanggungjawaban pemerintah," ujar anggota tim statistik IKI Risni Julaeni Yuhan saat pemaparan hasil di Hotel Alia, Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Ia juga mengatakan, Bengkulu melakukan pengawasan secara rutin terhadap Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). Untuk pengawasan UMK ini, Bengkulu memiliki perda-nya sendiri.

Menurut Risni, perda-perda yang ada, banyak yang dikeluarkan atas partisipasi atau perlibatan publik sebelum dibuat. Nilai ini juga mencakup angka kriminalitas dan anti-korupsi.

"Yang menjadi respon kita adalah lembaga/instansi. Karena kita melihat bukan dari kebijakannya saja tapi juga implementasinya seperti apa," kata Risni.

Berturut-turut setelah Bengkulu dan Denpasar adalah Metro, Semarang, Yogyakarta, Serang, Mataram, Pontianak, Palu, dan Bandung, dengan skor Bahagia yang sama yakni 87,5.

Selanjutnya, tiga kota dengan skor sama adalah Tasikmalaya, Surakarta, dan Manado, yaitu 81,25.

Kemudian, Banda Aceh, Jambi, Palembang, Batam, Salatiga, Malang, Tangerang, Ambon, dan Surabaya juga memiliki skor yang sama, yaitu 75.

Adapun Kupang diberi nilai untuk variabel Bahagia 68,75. Empat kota selanjutnya yakni, Padang Panjang, Pangkalpinang, Banjarmasin, dan Jayapura, meraih nilai 62,5.

Sementara dua kota terakhit dengan nilai variabel Bahagia paling rendah adalah Padang dan Makassar yaitu 56,25 dan 37,5.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews