Pelabuhan Antarpulau KPK Karimun Rampung Sebelum Puasa dan Lebaran

Pelabuhan Antarpulau KPK Karimun Rampung Sebelum Puasa dan Lebaran

Pelabuhan KPK yang tampak berada di sebelah Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun. (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau biasa disebut KPK Karimun kelar direnovasi. Saat ini hanya tinggal finishing pengerjaan. 

Pengerjaan itu dilakukan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun. Perbaikan pelabuhan itu meliputi perbaikan ponton kedatangan maupun ponton keberangkatan, kemudian tempat sarana dan prasarana ruang tunggu seperti tempat duduk dan sebagainya. 

“Target kita rampung sebelum Ramadan dan Idul Fitri,’’ ujar Direktur Utama BUP Karimun, Indrawan Susanto, di Tanjungbalai Karimun, Senin (16/5/206).

Renovasi itu, kata Indrawan, untuk memberikan kenyamanan terhadap penumpang. 

Pelabuhan KPK itu memang melayani transporatsi antar pulau seperti ke Selat Belia, Tanjungberlian, Tanjungbatu, Buru, Moro, maupun Durai.

Setidaknya, sebelum lebaran, para penumpang sudah dapat menikmati pelabuhan penumpang tersebut.

Pas pelabuhan

Direktur Utama BUP Indrawan Susanto mengatakan, dari pas pelabuhan dan parkir, pihak BUP mendapatkan masukan yang cukup lumayan. 

“Dari parkir dan pas pelabuhan dalam setahun kurang lebih Rp20 juta keseluruhannya,” ujar Indrawan.

Menurut dia, tarif parkir dan pas pelabuhan masih seperti biasa. Roda dua Rp500 dan Rp1000 untuk roda empat atau mobil dengan total sekitar Rp12 juta. Sementara pas penumpang masih diterapkan harga lama Rp1500 per penumpang hanya Rp9 juta.

Keberadaan pelabuhan KPK ini mendapat respon positif dari masyarakat. Terutama mereka yang berada di pulau. 

''Baguslah. Pelabuhan antar pulau jangan kalah dengan pelabuhan domestik. Agar menjadi dambaan masyarakat kita,'' ujar dia.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews