Pameran Produk Lokal di Mega Mall Batam

Misteri Batu Satam, Dicari Usai Hujan di Balik Pasir

Misteri Batu Satam, Dicari Usai Hujan di Balik Pasir

Batu Satam yang dipamerkan di Mega Mall. (Foto: Margareth/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pameran berbagai macam produk khas lokal Indonesia digelar di Atrium Timur Mega Mall, Batam Centre, Batam, Jumat (13/5/206). Berbagai macam produk unggulan dapat ditemui. 

Pameran itu menyajikan berbagai macam produk dari Gunung Kidul, Lombok, Jawa Timur, dan sejumlah daerah lainnya. 

Ada yang unik dalam pagelaran yang akan berlangsung selama empat hari itu. Salah satunya pesona  Satam. Batu itu konon hanya bisa ditemukan di Bangka Belitung, dan satu-satunya ada didunia.

Batu ini memiliki nama lain yaitu black taktite, berdasarkan riset dari Gemokolog bahwasanya Batu Satam ini merupakan meteorit yang jatuh pada ribuan tahun lalu.

“Batu ini biasanya ditemukan dalam bentuk kepingan kecil atau kerikil, tidak dalam bentuk bongkahan,” ujar Yoyok, salah satu pengoleksi dan penambang batu satam di lokasi pameran.

Selain itu, keunikkannya, batu tersebut biasanya ditemukan setelah hujan di balik-balik pasir.

”Biasanya setelah hujan dan di balik pasir,” ujar Yoyok.

Bentuk batu satam ini konturnya tidak rata banyak lubang di sekitar batu tersebut. Hasil olahan batu ini dapat dijadikan cincin dan liontin.

Batu satam memiliki sertifikat atau seperti kartu penanda kartu yang dibutuhkan untuk sebagai jaminan bahwa batu ini asli dan biasanya juga digunakan untuk kontes.

"Batu ini banyak cari dari luar negeri karena memang tidak dijumpai dimanapun hanya ada di Bangka Belitung, harganya cukup mahal karena proses untuk mendapatkan batu terbilang sulit,” kata Yoyok.

Batu-batu ini dibandrol dengan harga dari ratusan hingga jutaan rupiah tergantung besarnya batu.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews