Miliarder Rela Rogoh Kocek Rp 25,3 Miliar demi Selamatkan Monyet

Miliarder Rela Rogoh Kocek Rp 25,3 Miliar demi Selamatkan Monyet

Anak monyet

Tel Aviv - Miliarder Ady Gill asal Israel rela merogoh kocek hingga US$ 2 juta atau senilai Rp 25,3 miliar hanya untuk menyelamatkan 1.400 ekor monyet. Uang tersebut sebagai tebusan terhadap eksprimen organisasi di Israel bernama Mazor Farm. 

Lokasi ini tak jauh dari Tel Aviv. Organisasi ini kerap melakukan eksperimen terhadap monyet secara menyakitkan.

Selain melakukan riset-riset yang menyakiti hewan, Mazor Farm juga diketahui merupakan eksportir monyet untuk riset ke beberapa negara seperti Amerika Serikat.

Mazor Farm akhirnya diputuskan untuk ditutup karena mengekspor hewan liar tersebut, keputusan ini akan berlaku pada bulan ini. Meskipun begitu, praktek kekerasan terhadap hewan diindikasikan masih terus terjadi di banyak tempat di Israel.

Anat Refua, koordinator protes selama 16 tahun terakhir yang tergabung dalam organisasi Behind Closed Doors, memuji tindakan Gil dan ditutupnya Mazor Farm. 

Sebelumnya, organisasi lain bernama Monkey Rescue juga mencoba melakukan hal yang sama dengan menebus monyet-monyet tersebut dengan cara menggalang dana. Sayangnya, uang yang didapatnya terlalu kecil, yaitu US$ 5.400 atau sekitar Rp 68 juta saja.

Setelah dibebaskan, monyet ini akan diberikan perawatan medis. Setelah itu, monyet akan dipindahkan ke tempat yang lebih baik. Rencananya, Ady Gil juga akan membangun semacam pusat konservasi hewan di pusat kota Istrael.

Saat ini Gil juga sedang membangun organisasi nonprofit yang bergerak di bidang yang serupa.  

Selain sebagai pebisnis, Ady Gil memang dikenal sebagai aktivis hak-hak hewan. Dalam dunia bisnis, miliarder ini bergerak dibidang layanan teknologi video yang dipasok ke Hollywood.

 

[snw]

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews