4 Kuliner Sedap Khas Kepri yang Wajib Kamu Coba

4 Kuliner Sedap Khas Kepri yang Wajib Kamu Coba

Lendot (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID - Setiap daerah memiliki cita rasa kuliner khas. Seperti Sumatera Barat memiliki makanan khas rendang yang terkenal hingga ke mancanegara.

Sedangkan Sumatera Selatan atau Palembang, lebih dikenal dengan kuliner empek-empek. Begitu juga dengan Yogyakarta yang sangat melekat dengan branding gudegnya.

Di Tanah Melayu sejumlah khazanah kulinernya juga tak kalah. Rata-rata bahan baku makanan yang menjadi ciri khas Kepulauan Riau terbuat dari sagu.

Pasalnya, sagu memang dengan mudah ditemukan di Kepri seperti di Pulau Ungar (Alai), Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepri.

Berikut 5 kuliner khas Tanah Melayu yang berasal dari Pulau Kundur:

 

1. Laksa

 

Laksa (akse) merupakan kuliner berbahan sagu yang teksturnya sedikit mirip kwetiau. Hanya saja lebih tebal dan sedikit kenyal. Ada dua cara penyajian laksa. Pertama, laksa yang campur dengan kuah kari atau orang Melayu menyebutnya dengan lakse kuah.

Kedua, lakse goreng. Biasanya rasa laksa yang goreng lebih pedas. Dengan campuran berupa tauge dan rempah-rempah penyedap.

 

2. Lendot

 

Makanan ini sejatinya mirip seperti sayuran kangkung atau batam. Hanya saja tekstur kuahnya lebih kental. Berbentuk lendir seperti lem yang beradal dari sagu. Dengan tambahan udang dan bumbu cabe rawit membuat kuliner ini semakin nikmat disantap.

 

3. Kue Bangkit

 

Kue ini bertekstur lembut saat digigit. Berbentuk bulat seperti dorayaki. Rasa manis mirip bolu bakar dan campuran sagu membuat rasanya menjadi khas.

 

4. Keripik Sagu Bakar

Makanan ini berbentuk bulat pipih. Rasa khas sagu yang dibakar menghadirkan cita rasa yang memikat. Makanan ini sudah sangat jarang dijual. Jika hendak mencicipinya, biasanya dipesan terlebih dahulu kepada masyarakat Melayu yang handal dalam mengolah resepnya.

Makanan khas Melayu tersebut memang cukup sulit untuk menemukannya di daerah lain. Jika penasaran ingin mencobanya datang saja ke Pulau Kundur. Hampir semua warung di Pulau Kundur menjual kue bangkit yang terletak di dalam wadah toples besar.

Selamat mencicipi!

 

[rfd]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews