Wow, Robot Cantik Ini Bisa Bicara dan Pemalu

Wow, Robot Cantik Ini Bisa Bicara dan Pemalu

Pengunjung mengagumi Jiajia dan berinteraksi dengan robot ini. (foto: ist/reuters)


BATAMNEWS.CO.ID, Tiongkok - Seorang insinyur dari negeri China menciptakan sebuah robot perempuan yang dirancang khusus untuk berinteraksi dengan manusia secara patuh. Robot wanita ini sekilas sangat mirip manusia.

Robot ini dijuluki Jiajia, dikembangkan oleh tim peneliti di Universitas Sains dan Teknologi China (USTC), dilansir dari Techtimes, Minggu (17/4/2016).



Secara teknologi, Jiajia tidak memperkenalkan terobosan baru ketika datang ke dunia robotic. Para pengembang bukannya berfokus pada pembuatan tindakan robot patuh kepada pemiliknya, namun juga dapat berinteraksi sebagaimana manusia pada umumnya.

Dia bahkan telah diprogram untuk berbicara dengan manusia menggunakan kata-kata yang seksi dalam nada perempuan yang imut.


Selama presentasi untuk media lokal China pada hari Jumat lalu, perusahaan menawarkan kepada para lelaki untuk menjadi tuan dari robot ini. Jiajia juga menghindar ketika wartawan mencoba mengambil gambar dirinya, menyatakan bahwa hal itu akan membuatnya terlihat gemuk jika mereka menunjuk kamera kalau terlalu dekat dengan wajahnya.

Chen Xiaoping, selaku direktur USTC yang menciptakan Jiajia, menjelaskan pihaknya telah memakan waktu sekitar tiga tahun penelitian dan pengembangan untuk membuat Jiajia bertindak sangat realistis dari gerakan bibir dan tubuh untuk menunjukkan mikro-ekspresi di wajahnya.

Dia mengatakan, bahwa dibandingkan dengan robot interaktif lain yang sebelumnya dikembangkan, Jiajia mampu bergulir bola matanya secara alami dan bergerak bibirnya selaras dengan ucapannya. Dia juga dirancang untuk memiliki tubuh yang sangat menyerupai manusia.

Chen menambahkan bahwa sejauh ini, Jiajia masih belum mampu menunjukkan emosi seperti tertawa atau menangis, tapi mereka sudah dapat bekerja karena adanya beberapa fitur yang mendukung pergerakan ini.

“Kami berharap untuk mengembangkan robot lebih sempurna sehingga memiliki kemampuan belajar yang mendalam,” kata Chen.

“Kami akan menambah pengenalan ekspresi wajah dan membuatnya berinteraksi lebih dalam dengan orang.”

Para ilmuwan yang membuatnya mengatakan, robot ini bisa belajar ketrampilan serta memiliki kemampuan untuk mengenali wajah manusia.


Ketika dia bertemu orang-orang yang tampak kagum terhadapnya dia mengaku malu dan mengatakan kepada mereka agar jagan terlalu dekat.

"Jangan terlalu dekat dengan saya ketika anda mengambil gambar. Ini akan membuat wajah saya tampak gemuk," katanya.

Oleh pembuatnya, Jia-Jia memang dibuat agar bisa berbicara.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews