Gubernur Kepri HM Sani Meninggal Dunia

Wagub Kepri Nurdin Basirun Langsung ke Jakarta, Ini Pernyataannya

Wagub Kepri Nurdin Basirun Langsung ke Jakarta, Ini Pernyataannya

Gubernur Kepri HM Sani dan Wagub Kepri Nurdin Basirun. (foto: ist/liputan6)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun terlihat begitu sedih saat menjawab pertanyaan wartawan soal meninggalnya Gubernur Riau H Muhammad Sani, di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2016).

Nurdin tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Ia mengaku banyak belajar dari kepribadian Sani. Terutama sifat pekerja kerasnya.

"Sebenarnya dalam kondisi beliau capek, dia mau mengikuti rapat bersama Bapak Presiden tadi di Istana Negara. Menurut keluarga, beliau telah siap berpakaian rapi untuk berangkat (ke istana), tapi karena kelelahan, beliau membatalkan (mengikuti rapat di istana)," kata Nurdin, di Rumah Sakit Abdi Waluyo.

Nurdin mengungkapkan, masyarakat Kepulauan Riau turut berduka cita atas kepergian pimpinannya tersebut. Pasalnya, kata dia, Sani merupakan pemimpin yang dijadikan suri tauladan.

Sani sebelumnya sudah menjabat Gubernur Kepulauan Riau selama satu periode.

"Tentunya kami berharap keluarga bersabar, karena ini adalah takdir Allah SWT. Kita harus kuat menerima ini dan mudah-mudahan amal ibadah beliau dapat diterima di sisi Allah SWT," kata Nurdin.

Jenazah Sani rencananya akan diterbangkan ke Tanjungpinang dari Halim Perdanakusuma.

Sani lahir di Parit Mangkil, Sungai Ungar, Kundur, Karimun, Kepulauan Riau, pada 11 Mei 1942. Dia tercatat sebagai Gubernur Kepri periode 2010-2015 dan 2016-2021. Sani terpilih sebagai gubernur menggantikan Ismeth Abdullah pada 2010.
 
Sebelumnya, Nurdin Basirun berada di Tanjungpinang. Setelah mendengar kabar duka tersebut, ia langsung berangkat ke Jakarta.

"Pak Nurdin langsung berangkat ke Jakarta begitu mendapat kabar kalau Ayah (Sani) meninggal," ujar seorang pegawai yang bertugas di Kantor Gubernur di rumah duka Jumat malam ini.

Namun menurut Patrick Nababan, Staf Humas dan Protokoler Pemprov Kepri, Wagub Nurdin Basirun sudah berada di Jakarta sejak Kamis. 

Nurdin juga diundang dalam acara rapat koordinasu tersebut. "Pak Nurdin sudah di Jakarta sejak Kamis, kebetulan ada acara partai," kata dia.

Nurdin Basirun saat ini tengah berada bersama rombongan yang berada di Jakarta dan akan terbang bersama dengan jenazah HM Sani dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Tanjungpinang.

(edo/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews