Istri Mantan Wali Kota Didakwa Terlibat Pembunuhan 43 Mahasiswa

Istri Mantan Wali Kota Didakwa Terlibat Pembunuhan 43 Mahasiswa

Maria de los Angeles Pineda dan suaminya (foto/themexicomonitor)

Meksiko - Istri mantan wali kota Iguala, negara bagian Guerrero, Meksiko, Maria de los Angeles Pineda, terlibat pembunuhan massal. Ia didakwa sebagai dalang hilang dan terbunuhnya 43 mahasiswa pada 26 September lalu. Kini ia dipindahkan ke penjara berkeamanan tinggi. 

Istri Jose Luis Abarca tersebut, seperti dilansir laman Aljazirah, menjadi tahanan rumah. Kemudian ia pindahkan ke penjara dengan keamanan tinggi di negara bagian Nayarit di barat Mexico City.


"Hakim mengeluarkan surat perintah penahanan praperadilan atas kemungkinan perannya dalam melakukan kejahatan terorganisir, penyelundupan narkotika dan operasi dengan dana terlarang," kata jaksa federal Tomas Zeron, Selasa (6/1).

Rekaman video menunjukkan Pineda dengan wajah muram dan hanya terdiam dikawal petugas dibawa ke dalam truk.

Zeron mengatakan, kakak laki-laki Pineda adalah anggota terkemuka geng narkotika Guerreros Unidos. Hasil  penyelidikan mengindikasikan Abarca memerintahkan polisi menangkap mahasiswa untuk menghentikan mereka melakukan demonstrasi.

Mahasiswa menghilang setelah polisi menyerang bus dan menyerahkan mereka kepada anggota geng untuk dibunuh. Jasad mereka lantas dibakar di tempat pembuangan sampah dan abunya dibuang ke sungai.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews