Begini Nasib Miris Mobil Eks Singapura di Batam

Begini Nasib Miris Mobil Eks Singapura di Batam

Mobil bekas di Batam (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Harga mobil bekas eks Singapura di Batam, Kepulauan Riau turun drastis. Saat ini harga mobil eks Singapura keluaran tahun 1997 seperti merek Mitsubishi Lancer sebanding dengan harga motor baru Honda CBR150.

Mobil eks Singapura yang beredar di Batam saat ini rata-rata tahun 1995 hingga 2000. Namun, belakang mobil-mobil tersebut sudah jarang terlihat.

Sejumlah faktor membuat membuat mobil-mobil tersebut jarang tampak beredar. Pertama, dengan usia mesin yang sudah tua, mobil tersebut banyak teronggok di bengkel dan bahkan dibiarkan hancur di pinggir jalan oleh pemiliknya.

"Salah satu yang membuat harganya jatuh saat ini pihak Bank tidak mau menerima lagi proses kredit mobil tahun 2000 kebawah," ujar Edy, pemilik Showroom mobil bekas Samudera Jaya, saat ditemui, Selasa (5/4/2016).

Edy mengatakan saat mobil keluaran tahun 1995 hingga 1997 tersebut banyak teronggok dibengkel. Terkadang biaya perbaikannya lebih mahal dibanding harga mobil tersebut.

"Mobil Mitsubishi Lancer 1997 saat ini pasarannya hanya berkisar 35 juta," kata dia. Padahal sebelumnya harganya bisa mencapai Rp60 juta per unit.

Ia menjelaskan, dari pada memperbaiki mobil yang sudah tua, masyarakat saat ini lebih memilih mobil baru atau mobil bekas dengan tahun yang lebih muda.

Tapi, sambungnya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas mobil eks Singapura tersebut jauh lebih bagus dari pada mobil asal Jakarta.

Ada beberapa merek mobil eks Singapura yang masih beredar di Batam, diantara Lexus, Corola, Corona, Mercedes Benz, Unser, serta beberapa merek lainnya.

"Kebetulan saya punya dua mobil Toyota Altis, satu dari Jakarta dan Singapura. Kenyamanan mengendarainya sangat berbeda, walaupun dibandingkan dengan mobil keluaran baru sekarang," paparnya.


[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews