Harga BBM Turun Mulai 1 April, Ini Besarannya

Harga BBM Turun Mulai 1 April, Ini Besarannya

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah akan menurunkan harga BBM mulai 1 April mendatang. Namun, penurunannya tak sampai Rp 1.000 per liter. Harga baru ini diumumkan pekan depan.

“Penurunannya tidak sampai Rp 1.000. Nanti hari Senin atau Selasa (diumumkan). Yang jelas ada penurunan,” kata Menteri ESDM Sudirman Said usai Rapat Koordinasi tentang BBM di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta.

Harga premium sejak Januari lalu adalah Rp 7.050 per liter untuk Jawa, Madura, dan Bali. Di luar area tersebut harganya Rp 6.950 per liter. Sedangkan harga solar berlaku nasional Rp 5.650 per liter.

Sudirman menguraikan, harga BBM yang baru tersebut akan berlaku hingga 30 Juni 2016. Keputusan pemerintah untuk menurunkan harga BBM, sesuai dengan acuan harga Mean of Platts Singapore (MOPS) yang menjadi barometer perdagangan minyak di kawasan Asia.

Di samping itu, pasokan BBM dinilai masih cukup aman untuk tiga bulan ke depan. “Supply chain (rantai pasokan) makin baik dan stabil. Harga minyak dunia juga turun. Jadi logikanya ya harga BBM turun,” urainya.

Sudirman mengakui, besaran penurunan harga BBM tersebut masih tipis. Sebab, pihaknya masih mewaspadai adanya kekhawatiran jika tiba-tiba harga minyak naik. Khususnya menjelang Lebaran.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews