Pencetus Total Football Johan Cruyff Tutup Usia

Pencetus Total Football Johan Cruyff Tutup Usia

Johan Cruyff. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Amsterdam - Legenda sepakbola Belanda, Johan Cruyff, meninggal dunia di usia 68 tahun. Johan Cruyff sang pencetus total football itu telah berpulang setelah kalah melawan kanker paru.

Cruyff yang pernah membela Ajax dan Barcelona itu memenangkan trofi pemain terbaik atau Ballon dOr sebanyak tiga kali. Dia membantu Ajax memenangkan Liga Champions untuk tiga musim, dan berkontribusi dalam gelar juara Liga Champions pertama Barcelona di musim 1991/1992.

Di tim nasional, Cruyff membantu negaranya mencapai final Piala Dunia 1974. Sayang, pada saat itu Belanda hanya menjadi runner up setelah Jerman Barat memenangkan pertandingan.

Pada Februari 2016, Cruyff berhasil melewati masa kritis setelah divonis menderita kanker paru-paru. Saat itu, Cruyff menyebut dirinya seperti memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas penyakitnya.

Perang melawan penyakit mematikan ini sudah dinyatakan sejak tahun lalu. Tepatnya pada Oktober 2015, dokter memvonis Cruyff mengidap kanker paru.  

Ketika itu Cruyff sangat yakin sekali kalau ia bisa mengatasi kondisi kesehatan tersebut. "Saya sangat yakin, semuanya akan berakhir dengan baik," kata Cruyff beberapa waktu lalu dilansir BBC.

"Saya merasa amat baik untuk pertama kalinya. Saya tak punya masalah. Mentalitas saya, kemoterapi adalah teman saya karena ia ada di sisi saya untuk membunuh kanker ini," katanya.

Pria berusia 68 tahun itu selama ini dikenal mempunyai pola hidup yang tidak sejalan dengan aktivitasnya di dunia sepak bola. Merokok sudah jadi kebiasaan hidupnya.

Akibat kebiasannya ini, Cruyff sempat melakukan pembedahan bypass jantung pada 1991. Ia menghentikan kebiasaannya merokok sesudah operasi itu dan memilih mengisap permen loli untuk menggantikannya.

Cruyff juga tampil di iklan departemen kesehatan Katalunya dan mengatakan, "Sepak bola memberi saya segalanya dalam hidup, tembakau nyaris saja merenggutnya."

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews