Cina-Indonesia Memanas di Laut Natuna

Cina Rampas Kapal Pencuri Ikan Tangkapan Petugas di Natuna

Cina Rampas Kapal Pencuri Ikan Tangkapan Petugas di Natuna

Coast Guard China di laut Natuna (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Delapan ABK kapal ikan asing berkewarganegaraan Tiongkok diamankan saat menangkap ikan secara ilegal yang masuk ke perairan Natuna, Minggu (20/3/2016) dini hari.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel (P) Arif Badrudin mengapresiasi keberanian Anggota Satuan Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) yang melakukan aksi pencegatan, kendati mendapat intimdasi dari coastguard asing saat kapal itu diamankan.

"Informasi yang kami dapat, Kapal PSDKP sempat memepet dan menubruk kapal ikan dengan bobot 300 GT itu, mereka sempat loncat naik ke kapal itu dan memindahkan 8 ABK-nya," ujar Arif, Minggu (20/3/2016).

Namun saat  satu orang ABK asing lainya, yakni kepala kamar mesin (KKM) kapal asing itu masih di kapal,  satu unit kapal coast guard asing yang lebih besar kemudian datang mengintimidasi kapal PSDKP dan membawa lagi kapal ikan bendera tiongkok itu kembali ke perairan internasional.

"Kapalnya nggak jadi ditangkap, ABKnya yang berhasil diamankan ke Pos di Pulau Tiga. Pihak Satker PSDKP yang melakukan penyidikan saat ini, karena mereka punya penyidik juga. Kami masih menunggu hasil laporan, untuk tindakan selanjutnya," ujar Arif

 

[Fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews