Humas Pemkab: TPA Sememal Karimun Sudah Berstandar Nasional

Humas Pemkab: TPA Sememal Karimun Sudah Berstandar Nasional

Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau titik-titik yang akan dinilai tim Adipura. (Foto: Humas Pemkab)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Sememal, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, ternyata sudah berstandar nasional. Sejumlah fasilitas di lokasi tersebut sudah tersedia. 

“Tempat Pembuangan Akhir yang ada di Sememal Kecamatan Meral Barat saat ini sudah standar nasional,” ujar Kabag Humas dan Protokol Pemda Karimun M Yosli, Kamis (17/3/2016).

Menurut Yosli, persyaratan yang telah dibangun di sana diantaranya sumur pemantau, saluran lindi, cerobong biogas, zona aktif, zona tidak aktif dan ada pengelolaan pemilahan sampah.

 

Adipura

Bupati Aunur Rafiq, kemarin, memantau kesiapan Kabupaten Karimun dalam menghadapi penilaian dari tim Adipura.

Rafiq menggelar rapat di Kantor Bupati Karimun bersama SKPD terkait. 

''Tidak ada masalahlah. Biar mereka rapat, saya tinjau langsung di lapangan bagaimana persiapan,'' kata Aunur Rafiq di Pasar Puan Maimun sekitar pukul 16.00 WIB.

Dengan masuknya, kabupaten Karimun dalam nominasi piala Adipura dengan kategori kota kecil terbersih. Awalnya, inisiatif dari Pemerintah Provinsi Kepri melihat kabupaten Karimun sering masuk dalam nominasil Adipura yang nyaris menjadi juara. 

''Sebenarnya, saya hanya menawarkan kepada SKPD mau ambil atau tidak tawaran dari Pemprov Kepri. Dan mereka siap, dengan syarat harus bisa bertanggungjawab untuk mensukseskan Adipura ini,'' ujar dia. 

Masih kata Rafiq lagi, dirinya tidak berambisi untuk meraih Adipura akan tetapi untuk merubah mindset masyarakat. 

Supaya lingkungan bersih, sehingga enak dipandang mata. Terutama di tempat-tempat, keramaian maupun tempat  rekreasi.

''Jadi saya himbau, agar buanglah sampah pada tempatnya. Pemda Karimun, sudah menempatkan tong-tong sampah di daerah strategis yang bisa terjangkau oleh masyarakat. Mari bersama-sama menjaga keindahan daerah kita ini, untuk melangsungan kehidupan anak cucu kita nanti,'' kata dia.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews