Ekonomi Membaik, BI Kembali Pangkas Suku Bunga Acuan Jadi 6,75%

Ekonomi Membaik, BI Kembali Pangkas Suku Bunga Acuan Jadi 6,75%

Ilustrasi Bank Indonesia. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan atau BI rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,75%. Sebelumnya pada Februari 2016, BI memangkas suku bunga acuan ke angka 7% dari 7,25% (Januari 2016).

Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) juga diputuskan penurunan Lending Facility pada level 7,25% dan suku bunga Deposit Facility sebesar 4,75%‎, berlaku mulai 18 Maret 2016

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengemukakan, masih terbuka ruang kebijakan moneter terutama terus menurunnya tekanan inflasi dan meredanya ketidakpastian pasar global.

"‎Ini sesuai dengan pernyataan kami sebelumnya bahwa ruang pelonggaran moneter semakin terbuka dan ekonomi domestik semakin membaik," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/2/2016) dilansir sindo.

Sebelumnya, BI telah menetapkan suku bunga sebesar ‎7,00%, serta suku bunga lending facility pada level 7,5% dan suku bunga deposit facility sebesar 5% selama 1 bulan. "Penurunan suku bunga acuan ini diharapkan pula dapat memperkuat pelonggaran kebijakan makroprudensial Indonesia," jelasnya.

Tita mengatakan, BI juga akan lebih berhati-hati dalam menentukan kebijakan moneter fokus jangka pendek, melalui struktur operasi moneter yang konsisten. "BI akan terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk mengendalikan inflasi dan reformasi struktural, sehingga bisa berjalan dengan baik dan menopang pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik," pungkasnya.


(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews