15 Ribu PNS Dapat Jatah Fasilitas Pembiayaan Bantuan Perumahan di 2016

15 Ribu PNS Dapat Jatah Fasilitas Pembiayaan Bantuan Perumahan di 2016

Ilustrasi (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID - Pemerintah melalui Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS) sepanjang tahun 2016 ini berencana akan memberikan fasilitas pembiayaan perumahan bagi 15.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

 

Guna menindaklanjuti rencana tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menggelar rapat yang dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandy, Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria WIbisana, perwakilan dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri serta Dewan Pengawas dan Direksi Bapertarum-PNS, di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta., Selasa (15/3) kemarin.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rencana kerja Bapertarum, targetnya 15.000 PNS bisa dilayani untuk pembangunan rumah di 2016. Ini berarti ada peningkatan yang cukup besar mengingat 2015 hanya sekitar 3.000 PNS yang mendapat fasilitas dari Bapertarum.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa saat ini sebanyak 964.463 PNS belum mempunyai rumah namun dari angka tersebut yang berhak mendapatkan fasilitas pembiayaan perumahan hanya 756.591 PNS, yang terdiri dari Golongan 1-3 sebanyak 694.999 PNS dan Golongan 4 sebanyak 61.592 PNS.

“207.872 diantaranya tidak berhak, kenapa? karena masa kerjanya kurang dari lima tahun dan juga anggota TNI dan POLRI yang melalui ASABRI (Perusahaan Asuransi Sosial ABRI),” tambah Basuki.

Sementara Direktur Utama Bapertarum-PNS, Heroe Soelistiawan mengatakan bahwa Bapertarum-PNS tidak berhenti di angka 15.000 saja. Karena jika ternyata nanti kebutuhannya lebih dari angka tersebut akan diajukan penambahan dalam rapat anggota.

“Target Ini masalah pencapaian saja, kalau kebutuhannya lebih, kita ajukan lagi dalam rapat anggota untuk bisa nambah kuota,” ucapnya.

Ia menyampaikan, hitung-hitungan Bapertarum-PNS secara cashflow menyediakan pembiayaan perumahan bagi 100.000 PNS, dengan nilai Rp 400 miliar untuk backup perumahan PNS per tahun.

sumber: setkab.go.id

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews