Lion Group Bangun Hanggar di Batam Senilai Rp 7 Triliun

 Lion Group Bangun Hanggar di Batam Senilai Rp 7 Triliun

Hanggar Lion Group di Bandara Hang Nadim Batam. (foto: humasbpbatam)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Perusahaan penerbangan Lion Group akan berinvestasi Rp 7 triliun mengembangkan hanggar Batam Aero Technic (BAT). Saat ini, pengembangan hanggar di lahan 4 hektare tersebut dilakukan secara bertahap hingga 2019.

"Kami investasi total itu kalau dihitung-hitung sekitar Rp 7 triliun. Tahap dua dan tahap tiga masing-masing ada workshop di atas lahan 12 hektare dan bagian electrical termasuk radar juga di atas lahan 12 hektare. Semuanya di area Batam Aero Technic tak jauh dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam," ujar Presiden Direktur Lion Group, Edward Sirait usai mengunjungi Hanggar Batam Aero Teknik di Batam, Jumat (11/3/2016).

Edward mengatakan, ‎hanggar tersebut akan digunakan untuk perawatan-perawatan pesawat milik Lion Group yang beroperasi di rute-rute dalam negeri maupun luar negeri, seperti Malindo Air di Malaysia serta Thai Lion di Thailand.

Pengembangan hanggar tersebut, lanjut dia, bukan tanpa alasan. Sebab, dengan jumlah armada yang besar, Lion Group harus mampu membangun hanggar sebagai tempat perawatan pesawat.‎ Meski begitu, Edward enggan merinci lebih detil mengenai kesiapan anggaran dalam investasi tersebut. ‎

"Yang jelas pendanaannya itu, ketika ada alat dari luar misalnya, alat boeing yang kita datangkan ya kita kredit perbankan di luar negeri. Jadi ini investasi alat dan tempat yang kami taksir totalnya sekitar Rp 7 triliun. Kenapa Batam dipilih, karena sejak November 2012 kebetulan pengurusannya sudah terlanjur melalui Badan Otorita Batam waktu itu, yang kini berganti menjadi Badan Pengelola Batam. Kami mengurus cuma dalam waktu dua minggu. Karena sudah mendesak, makanya kami bangun," jelasnya.

Saat ini, Batam Aero Technic di atas lahan empat hektare mampu menampung ‎12 pesawat Boeing 737 900 ER. Sementara pengembangan tahap dua dan tiga pada 2019 akan mampu menampung 38 pesawat Boeing.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews