April, Harga Premium Bisa di Bawah Rp 5.000 per Liter

April, Harga Premium Bisa di Bawah Rp 5.000 per Liter

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengeluarkan harga baru bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan solar pada akhir Maret 2016.

Menteri ESDM Sudirman Said menegaskan, pemerintah akan tetap konsisten dalam menjalankan kebijakan penyesuaian harga BBM setiap tiga bulan. Setelah ada perubahan harga di Januari 2016 lalu, maka dipastikan harga akan kembali berubah pada akhir Maret 2016 mendatang.

"Harga minyak tetap direview tiap tiga bulan. Keputusan review tiga bulan itu yang dulu didiskusikan sangat panjang. Ada yang usul satu tahun sekali, enam bulan sekali. Dan kita putuskan setiap tiga bulan," katanya di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Sudirman mengaku, pemerintah sengaja mengambil kebijakan perubahan harga BBM setiap tiga bulan sekali. Pasalnya kebijakan tersebut juga mempertimbangkan nasib pengusaha. "Tapi kita tidak ingin naik turun terlalu sering, kasihan nanti si pengusahanya merencanakan jadi susah‎," imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh PT Pertamina (Persero) saat melaksanakan rapat tertutup dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) kurang lebih selama 5 jam pada Kamis (3/3/2016) .

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Mulyadi mengatakan usai rapat bahwa harga premium akan turun pada 1 April 2016 nanti, di bawah Rp 5.000 per liter.

“Jadi kalau mengacu kepada rumus dengan formulanya, yang ditanyakan tadi (saat rapat) itu ya sekitar Rp 4.800 per liter,” ujar Mulyadi dilansir dari kompas.com.

Menurut keterangan Mulyadi, harga Premium Rp 4.800 per liter itu disampikan sendiri oleh Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Bambang.

Ahmad Bambang membenarkan pernyataan Mulyadi. Menurut dia, harga premium di bawah Rp 5.000 per liter bisa terjadi di April nanti. “Bisa saja, kalau harga (minyak dunia) rendah terus,” kata Ahmad.

Namun, Ahmad menjelaskan bahwa hal itu bisa saja terjadi melihat harga minyak dunia saat ini.

“Perkiraan saya sih (harga di April) masih di atas Rp 5.000 per liter karena sudah mulai naik lagi (harga minyak dunia),” ucap dia.

Berikut harga jual eceran BBM per 1 Maret 2016 yang dijual oleh SPBU ke konsumen (harga per liter dalam rupiah).

-Premium: Rp 7.050
-Biosolar: Rp 5.650
-Pertalite: Rp 7.500
-Pertamax: Rp 7.950
-Pertamax Plus: Rp 8.850
-Pertamina Dex: Rp 8.800

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews