Begini Uniknya Warga Natuna Lihat Penampakan Gerhana Matahari

Begini Uniknya Warga Natuna Lihat Penampakan Gerhana Matahari

Sejumlah warga Natuna menyaksikan gerhana matahari. (Foto: Fox/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Pantai Kencana, Ranai menjadi salah satu lokasi yang ramai dikunjungi warga di Natuna untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari, Rabu (9/3/2016) pagi.

Kendati gerhana tidak terjadi penuh sampai menutupi matahari, namun antusiasme warga cukup tinggi menunggu kejadian alam yang jarang terjadi tersebut.

Cuaca yang cerah membuat gerhana sangat jelas disaksikan oleh warga. "Saya dari pagi menununggu ini sama kawan-kawan. Cuma kayaknya tak penuh," ujar Maksum Ferbrinaldo, warga Ranai.

Beberapa warga terlihat mengabadikan momen itu dengan kamera. Ada juga yang sengaja membawa roll film, hingga kotak kardus yang dilobangi untuk melihat bayangan gerhana agar tidak merusak penglihatan. Kebanyakan hal tersebut dilakukan anak-anak sekolah bersama para guru.

Namun selain menggunakan kacamata hitam yang masih menyilaukan mata, cara lain yang dipakai warga dengan menggunakan plastik bungkus kacang.

"Pakai plastik silver ini nampak cahayanya. Itu udah kayak bulan sabit," sebut Zam Juhri warga yang membawa keluarganya.

Momen yang bertepatan dengan hari libur ini membuat fenomena gerhana tersebut menjadi agenda liburan keluarga.

Sementara itu umat muslim di  beberapa mesjid, seperti Mesjid Jamik, Ranai, memadati ruangan mesjid untuk melakukan salat gerhana.

"Walaupun ini salat sunah, tapi kan jarang-jarang bisa dilakukan. Intinya kita memuji kebesaran Allah terhadap apa yang terjadi di alam ini," sebut Khusnul Khatimah, satu dari ratusan jemaah yang dijumpai batamnews.co.id usai menjalankan salat sunah gerhana di Mesjid Jamik

 

[Fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews