Duh, Buang Sampah Sembarangan di Taman Habibie Didoakan Jadi Janda

Duh, Buang Sampah Sembarangan di Taman Habibie Didoakan Jadi Janda

Taman Habibie di Patam Lestari Sekupang Batam. (Foto: Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ada yang unik di kawasan Taman Habibie yang terletak di Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. Di sana terdapat larangan membuang sampah yang ditulis secara ekstrem.

Tulisan pengumuman itu berbunyi,  "Tuhan jadikan Janda/Duda bagi orang yang membuang sampah sembarangan".

Di era BJ Habibie menjabat sebagai Kepala BP Batam, lokasi tersebut terkenal sangat indah dan bersih. Walaupun saat ini tidak sebersih pada masa itu, pengelola wisata Taman Habibie tetap konsisten menjaga kebersihan.

"Saya bersama rekan-rekan tetap menjaga kebersihan taman ini. Sebab, pada tahun 1983 hingga 1997 taman ini sangat indah," ujar Mulyono, salah seorang sesepuh dan pengelola wisata taman Habibie, tangga 1000, Sabtu (5/3/2016) sore.

Ia bersama rekan-rekan membuka lokasi tersebut pada tahun 2009. Tapi, hanya sekedar membuka lokasi wisata dan membersihkan lokasi taman, mereka juga tidak diperbolehkan membangun bangunan permanen.

"Kami tidak boleh membuat bangunan permanen. Untuk menikmati pemandangan kami mendirikan beberapa gubuk untuk pengunjung," kata Mulyono, yang juga pernah ikut mantan Kabalak Mayjen TNI Soedarsono selama 18 tahun.

Sementara untuk nama tangga seribu baru-baru ini dicetuskan. "Nama tangga 1000 saya bersama rekan-rekan yang mencetuskan. Memang kalau dihitung tangganya tidak mencapai 1000. Tapi, di sekeliling lokasi di kelilingi anak anak tangga," paparnya.

Sejak di buka pada tahun 2009 warga Batam mulai berdatangan untuk berlibur bersama keluarga maupun kekasih hati sekedar menghilangkan kepenatan usai beraktifitas. 

Di lokasi tersebut mata akan disuguhkan hamparan laut yang sangat indah.

Selain itu, tersedia dua ayunan untuk bermain untuk anak-anak maupun orang dewasa dan bibir pantai yang dipenuhi dengan bebatuan besar.

Untuk menuju bibir pantai, ada sekitar ratusan anak tangga yang bentuknya melingkar yang harus dilalui. Duduk dibibir pantai mata akan disuguhkan banyaknya kapal-kapal besar di tengah laut.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews