Gerhana Matahari di Kepri Cuma Bisa Dilihat di Dua Daerah Ini

Gerhana Matahari di Kepri Cuma Bisa Dilihat di Dua Daerah Ini

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Gerhana matahari total tidak dapat dilihat di wilayah Kepulauan Riau pada 9 Maret 2016 mendatang. Hal itu karena diperkirakan sebagian wilayah tertutup awan.

"Di Kepri dapat dilihat gerhana matahari tetapi tidak penuh. Itu pun dapat dilihat kalau kondisi cuaca baik," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Tanjungpinang Dhira Utama di Tanjungpinang, Senin (7/3/2016).

Dhira menjelaskan kondisi cuaca diperkirakan berawan pada saat gerhana matahari. Karena itu, diperkirakan masyarakat di Kepri bakal sulit melihat gerhana matahari karena tertutup awan, kecuali menggunakan peralatan khusus.

Gerhana matahari di Kepri dapat dilihat pukul 06.22 WIB, namun puncaknya terjadi pukul 07.24 WIB, dan berakhir 08.33 WIB. Di Kepri, lanjutnya gerhana matahari paling jelas dapat dilihat dari Tarempa dan Ranai.

"Kepri jauh dari lintasan matahari. Kalau di wilayah lainnya dapat dilihat total," ujarnya.

Dia mengemukakan di Indonesia dapat dilihat gerhana matahari dari 12 provinsi. Masyarakat yang tinggal di 45 kota di Indonesia dari 12 provinsi itu dapat melihat gerhana matahari secara jelas.

Sementara untuk di Wilayah Sumatera, gerhana matahari total dapat dilihat secara jelas di Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung.

"Kami imbau masyarakat menggunakan peralatan khusus untuk melihat gerhana matahari itu untuk mencegah kerusakan retina mata," ujarnya.

(ind/antara)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews