Sejak Pertengahan Februari, 8 Hingga 12 Penerbangan Dibatalkan Tiap Hari

Sejak Pertengahan Februari, 8 Hingga 12 Penerbangan Dibatalkan Tiap Hari

Suasana di Bandara Hang Nadim 1 Maret 2016. (foto: iskandar)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Periode Februari hingga awal Maret 2016, jumlah penumpang di Bandara International Hang Nadim Batam mengalami penurunan hingga 1.000 penumpang. Hal ini terjadi setiap tahun.

"Periode Februari pertengahan sampai maret pertengahan jumlah penumpang sepi, tepatnya setelah perayaan Imlek. Ini terjadi setiap tahun," ujar Kabag Umum Bandara International Hang Nadim Batam, Suwarso saat ditemui diruangannya, Selasa (1/3/2016).

Suwarso menjelaskan, biasanya rata-rata jumlah penumpang per harinya sebanyak 7.200 penumpang. Sedangkan hari libur Sabtu dan Minggu di angka 8.000 penumpang.

"Saat ini diperkirakan jumlahnya menurun sebanyak 1.000 penumpang. Dari usai Imlek jumlah penumpang per hari rata-rata 6.200 penumpang," kata Suwarso.

Suwarso melanjutkan, jumlah tersebut kita dapat berdasarkan hasil monitor setiap hari. Jumlah pembatalan pemberangkatan penerbangan setiap harinya bervariasi, rata-rata 8 hingga 12 penerbangan yang dibatalkan.

"Hari ini ada 11 penerbangan dibatalkan oleh dua maskapai, Lion Air dan Citilink. Kemaren penerbangan ke Solo hilang, hari ini ke Semarang yang hilang," paparnya.

Namun, sambung Suwarso, meski banyak terjadi pembatalan calon penumpang tetap terlayani dengan baik oleh maskapai. Mereka memiliki trik sendiri untuk mengatasi permasalahan ini.

"Contohnya ada tiga penerbangan 3 perhari, kemudian dikurangi satu. Tapi, seperti dua hari lalu Lion Air biasa menggunakan Boeing 737, kemudian diganti dengan Airbus A320, itu untuk mencukupi jumlah penumpang," ungkapnya.

Suwarso menambahkan, otoritas Bandara Hang Nadim tetap mengimbau pada airlines agar selalu memberitahukan pada setiap calon penumpang. Jangan sampai penumpang tiba di bandara tidak ada penerbangan.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews